Monday, 16 October 2017

tentang manusia yang menghinakan allah, rek

​Bismillaah. Faedah dari al Ustadz Abu Mas'ud Jarot hafidzahullaah

Beliau membawakan perkataan Wuhaib bin Al Ward rahimahullah yang berkata, "Hati"lah, jangan sampai Allah menjadi yang paling hina di antara orang" yang melihatmu."

Wallahi, Allah menjadi terhina?

Maksudnya, jika kita bersama manusia, kita menampilkan akhlak terbaik. Tapi, jika kita sendiri, hanya Allah yang tahu, kita justru terbuai dosa.

Kita baik saat bersama manusia dan berbuat jelek saat sendirian, seolah" manusia lebih kita takuti dan muliakan dibandingkan Allah

Baarakallahufiikum

Saturday, 14 October 2017

tentang memiliki anak dengan bayi tabung, rek

Bismillaah

Pertanyaan:

ما حكم التلقيح الصناعي - طفل الأنابيب - وهو أخذ ماء الرجل، فيوضع في رحم المرأة عن طريق أنابيب بواسطة طبيب أو طبيبة؟

Apa hukum pembuahan buatan -sistem bayi tabung- yaitu mengambil mani seorang pria lalu diletakkan ke dalam rahim seorang wanita melalui metode tabung, yang dilakukan oleh dokter laki-laki atau dokter wanita?
Jawaban:

التلقيح الصناعي يقال : إنه يؤخذ ماء الرجل ويوضع في رحم المرأة عن طريق أنابيب ( إبرة ) وهذه المسألة خطيرة جداً

Pembuahan buatan yang dikatakan; Diambil air mani seorang pria, lalu diletakkan dalam rahim seorang wanita melalui metode tabung (suntikan) ini adalah perkara yang sangat berbahaya.

ومن الذي يأمن الطبيب أن يلقي نطفة في رحم زوجة أخرى؟ ولهذا نرى سد الباب، ولا نفتي به إلا في قضية معينة بحيث نعرف الرجل والمرأة والطبيب

Siapa yang merasa aman, kalau sang dokter itu meletakkan air maninya ke dalam rahim istri (wanita) lain?

Oleh karena itu kami memandang; Untuk menutup pintu-pintu kejelekan, kami tidak berfatwa bolehnya (bayi tabung), kecuali pada kasus tertentu, yang mana kita betul-betul tahu, siapa sang laki-laki, siapa perempuannya dan siapa dokternya.

وأما فتح الباب، فيخشى منه الشر. وليست المسألة هينة؛ لأنه لو حصل فيها غش، لزم إدخال نسب في نسب، وصارت الفوضى في الأنساب، وهذا مما يحرمه الشرع

Adapun membuka pintu ini, maka akan dikawatirkan terjadi kejelekkan, ini bukan masalah sepele. Karena kalau disana terjadi kecurangan, hal itu mengharuskan memasukan nasab seorang kepada nasab (lainnya) maka terjadilah kekacauan dalam nasab. Dan ini termasuk perkara yang dilarang syariat.

Oleh karena itu Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:

"لا توطأ ذات حمل حتى تضع"

"Seorang wanita hamil tidak boleh dinikahi sampai dia melahirkan."

فأنا لا أفتي في ذلك، اللهم إلاّ أن ترد إلي قضية معينة أعرف فيها الزوج والمرأة والطبيب

Dan aku tidak berfatwa bolehnya bayi tabung. Allahumma kecuali jika ada kasus tertentu, saya tahu siapa suaminya, siapa isterinya dan dokternya (amanah).

Baarakallahufiikum

Thursday, 12 October 2017

tentang indahnya memiliki anak-anak perempuan, rek

Bismillaah

Dikatakan dalam sebuah perumpamaan tentang anak perempuan: "Seorang lelaki tetap dianggap mandul hingga dia dikaruniai anak-anak perempuan meskipun dia sudah memiliki seratus anak lelaki."

Zaki Mubarak (seorang penyair dari Mesir, wafat tahun 1952) berkata:

"Manakala aku sakit, maka hanya Karimah (anak perempuannya) yang selalu bertanya tentang keadaanku, sementara anak-anak lelakiku tidak pernah bertanya."

Dalam diri anak perempuan terdapat kelembutan, tidak ada yang mengetahuinya kecuali bagi orang yang memiliki anak perempuan.

Sebagian bangsa Arab di masa jahiliyah mengucapkan selamat atas kelahiran anak perempuan dengan berkata:
هنيئا لك النافجة.."
"Selamat ,engkau mendapatkan Nafijah!"
(Nafijah adalah tempat minyak kesturi,atau pula awan yang mengandung banyak air hujan).

Ya'qub bin Bukhtan berkata:
"Aku dikaruniai tujuh orang anak perempuan, maka setiap kali aku dikaruniai anak perempuan, aku mendatangi Al Imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah, maka beliau berkata kepadaku:

"Wahai Abu Yusuf! Para nabi merupakan ayah-ayah dari anak-anak perempuan."

Maka ucapan itu menghilangkan kegundahanku.

Dikatakan pula: "Anak-anak lelaki adalah kenikmatan dan anak-anak perempuan adalah kebaikan.Allah Ta'ala menghisab sebuah kenikmatan dan memberi pahala atas kebaikan."

Seorang penyair berkata:
إن البنات ذخائرٌ من رحمةٍ
وكنوزُ حبِّ صادقٍ و وفاءِ
"Sesungguhnya anak perempuan merupakan
simpanan kasih sayang dan harta karun dari kecintaan yang menyertai dan kesetiaan yang murni."

Maka anak perempuan merupakan perhiasan, penghibur, dan penghantar kebahagiaan bagi setiap orang yang berbuat baik kepadanya.

Wallahu a'lam.

****

‎قيل في البنات؛- لا يزال الرجل عقيمًا من الذراري؛ حتى يوهب البنات، وإن كان له مئة من الأبناء..

- ويقول زكي مبارك: حين أمرض تكون كريمة (ابنته) هي التي تسأل عني وأبنائي لا يسألون!!

وفي البنات رفق لا يعرفه إلا من عنده بنات..- كانت العرب في الجاهلية تهنئ بالبنت: هنيئا لك النافجة..)والنافجة: وعاء المسك.. والسحابة كثيرة المطر(.-

قال يعقوب بن بختان: وُلد لي سبع من البنات؛ فكنت كلما وُلد لي بنت دخلت على أحمد بن حنبل؛ فيقول لي: يا أبا يوسف! الأنبياء آباء البنات.. فكان قوله يُذهب همي..- وقيل: البُنوة نعمة، والبنات حسنات، والله يحاسب على النعمة، ويجازي على الحسنات.-
ويقول الشاعر:إن البنات ذخائرٌ من رحمةٍوكنوزُ حبِّ صادقٍ ووفاءِفالبنت زينة وأُنس وسعادة؛ لمن أحسن إليها.والله أعلم.

Sumber : dari tulisan Asy Syaikh Muhammad bin Umar Bazmul -hafidzahullah - di laman Facebooknya.

Baarakallahufiikum

Tuesday, 10 October 2017

tentang kematian yang tidak diidamkan, rek

Bismillaah

asy-Syaikh Shalih bin Fauzan al-Fauzan hafizhahullah berkata...

"Dan di akhir zaman, ingatlah akan hal ini, di akhir zaman banyak terjadi kematian mendadak yang datang secara tiba-tiba.
Engkau dalam kondisi sehat wal afiat, kuat, masih muda, tiba" saja engkau mati mendadak, bisa jadi dengan sebab kecelakaan mobil, atau bisa jadi karena penyakit jantung, atau dengan sebab lain yang datangnya secara tiba-tiba.

Betapa banyak kejadian semacam ini, dan kalian menyaksikan dan mendengarnya.

Maka wajib bagi kita untuk memperbanyak taubat dan istighfar, dan janganlah kita melupakan negeri akherat, janganlah melupakan kematian, janganlah melupakan hari hisab (perhitungan amal), kemudian di hari kiamat akan ada timbangan yang padanya akan ditimbang amalan-amalan.

فَمَنْ ثَقُلَتْ مَوَازِيْنُهٗ

"Barang siapa berat timbangannya"

Yakni dengan amal-amal kebaikan.

فَاُولٰٓئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ

"Maka mereka itulah orang-orang yang beruntung."

وَمَنْ خَفَّتْ مَوَازِيْنُهٗ

"Dan barang siapa ringan timbangannya"

Yang amal-amal buruknya mengungguli amal kebaikannya

فَاُولٰٓئِكَ الَّذِيْنَ خَسِرُوْۤا اَنْفُسَهُمْ فِيْ جَهَـنَّمَ خٰلِدُوْنَ

"Maka mereka itulah orang-orang yang merugikan dirinya sendiri, mereka kekal di dalam Neraka Jahanam." (QS. Al-Mu'minun 23: Ayat 102-103)

Maka mereka itulah orang-orang yang merugikan dirinya sendiri. Bukan merugikan harta-harta mereka, melainkan merugikan diri-diri mereka sendiri, balasan mereka dalam neraka Jahannam, di Jahannam apakah hanya sehari dua hari ?, tidak, melainkan selama-lamanya, kekal selama-lamanya. Laa haula wa laa quwwata illa billaah.."

Baarakallahufiikum

Sunday, 8 October 2017

tentang seorang anak yang sedang belajar, rek

Bismillaah
Malam itu saya sampai rumah jam setengah 10 malam.

alhamdulillah rumah terlihat rapi. Cucian saya sudah dilipat semua oleh istri saya. Sampah" sudah disapu ke halaman, menunggu saya untuk ditaruh di kresek untuk selanjutnya dibuang ke tempat sampah (which is memang tugas saya sejak awal menikah). Mainan" anak" juga sudah rapi, berada di tempatnya yang seharusnya. Piring" kotor juga sudah dicuci. Wah pokoknya suasana idaman banget deh.

tapi yang bikin saya deg"an malam itu bukan suasana rumah yang rapi (maaf ya sayang) tapi suara Shafiyyah lagi ngaji dari dalam kamar.

dan benar juga. Begitu saya masuk kamar, Shafiyyah lagi pegang mushaf dan melafalkan Al Ma'un dibantu istri saya yang lagi nyusuin Hanzhalah. Aduh adem banget deh ngeliatnya. Mana Shafiyyah senyam-senyum lagi, "ngaji tauk, ayah!"

*peluk cium ayah buat Shafiyyah*
كما أن تقوى الله مجلبة للرزق، فترك التقوى مجلبة للفقر، فما استجلب رزق الله بمثل ترك المعاصي.
"Sebagaimana taqwa menghasilkan rezeki, maka meninggalkan taqwa menghasilkan kemiskinan. Jadi tidak ada cara yang lebih baik untuk meraih rezeki dari Allah dibandingkan dengan meninggalkan kemaksiatan."
-Ibnul Qoyyim rahimahullah-
Baarakallahufiikum

Friday, 6 October 2017

tentang twitter dan apa yang ada di dalamnya, rek

Bismillaah
saya termasuk labil menggunakan twitter
saya pernah menggunakannya di tahun 2009 lalu saya deactivate di tahun 2011. Lalu di tahun 2013, ketika saya masuk D4 saya menggunakannya lagi. Sekedar untuk tahu berita" paling update dari ranah dunia maya.

...
sampai dengan kemarin, ketika ada salah satu teman saya yang menge-like (saya yakin tidak sengaja karena teman saya tidak serusuh itu) salah satu akun porno di twitter. Di sana saya merasa bahwa twitter bukan tempat yang aman bagi saya. Lha gimana, iman saya saja masih naik turun gini sedangkan twitter yang notabene media sosial yang sering saya buka menyuguhkan hal-hal kotor seperti itu...

iya kalian benar. Saya masih senaif itu pada awalnya. Saya tidak menyangka akun" porno sudah mempenetrasi twitter sedemikian rupa...Menjijikkan dan mengerikan bagi orang yang memiliki anak seperti saya...

sudah lah, untuk sementara saya uninstall dulu twitternya.

Entah untuk berapa lama kali ini...
فإن نسيان القرآن من الذنوب.
"Sesungguhnya lupa terhadap hafalan al-Qur'an termasuk akibat dosa-dosa."
-Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah-
Baarakallahufiikum

Wednesday, 4 October 2017

tentang de ranch puncak, rek

Bismillaah
well, hari Ahad kemarin, tidak ada angin, tidak ada hujan, tiba" istri saya bilang, "Mas, ke Puncak yuk!" Saya mah ayuk aja. Belum ada pemberitahuan ta'lim ini

di tengah perjalanan barulah saya tanya, "Kita ke mau ke mana sih?"
istri saya lalu bilang, "Ke de Ranch aja. Katanya sih bagus. Suasana Bandung gitu"

alhamdulillah ya, lokasi de Ranch gak jauh" banget. Cuman di Megamendung. Gak sampe Cisarua. Tapi walau begitu, Shafiyyah tetep tidur dalam perjalanan. Alhamdulillah sudah dipakein gendongan. Jadi saya bisa fokus nyetir motor

sesampainya di sana, sudah banyak pengunjung yang datang (ya iyalah, sampenya aja jam setengah 10. Bertepatan dengan jam buka untuk naik ke Puncak). Tiket masuknya standar, 20 ribu per kepala. Sudah gratis minum susu segar. Parkir motor 3 ribu. Wahana yang ada bervariasi. Mulai dari panahan, sahabat kelinci, naik kuda, perah susu, ngasih makan biri", sampe waterball.

secara umum, de Ranch itu wisata yang instagrammable. Yang dia jual kebanyakan objek foto. Terbukti, pengunjungnya kebanyakan pasangan yang-satu-wanita-dan-yang-satu-fotografernya. Saya sih lebih milih wisata ke Kebun Teh ya. Lesehan di bawah pohon sambil makan cilok. Udaranya lebih dingin lagi dari de Ranch.

alasan saya gak merekomendasikan de Ranch yaa simpel aja sih. Di sana jarang banget tempat duduknya. Lagian, bagi kami harga makanannya terlalu mahal. Lalu, kayaknya de Ranch ini baru buka gitu ya. Soalnya pohon"nya kayak baru ditanam gitu. Masih jarang" daunnya. Mungkin setahun/dua tahun ke depan boleh mampir ke sini lagi pas pohon"nya sudah rimbun.

kesan anak kami? Wah, Shafiyyah dan Hanzhalah sih seneng banget ya ngasih makan kelinci. Tapi daripada jauh" ke sini ngasih makan kelinci dengan harga 25 ribu, kami lebih milih ngasih makan rusa dari balik pagar Kebun Raya Bogor sih. Lebih ekonomis alias gratis. Hehehe

الخير الذي لا شر فيه: الشكر مع العافية، فكم من منعم عليه غير شاكر، وكم من مبتلى غير صابر.
"Kebaikan yang tidak ada keburukan padanya: bersyukur disertai keselamatan lahir dan bathin, karena berapa banyak seseorang yang diberi kenikmatan tidak bersyukur, dan berapa banyak orang yang ditimpa ujian tidak bersabar."
-Aun bin Abdullah rahimahullah-
Baarakallahufiikum