Tuesday, 21 November 2017

tentang bapak-bapak yang bermain catur, rek

Bismillaah
di dekat rumah saya sering tuh saya lihat bapak" yang kayaknya nganggur atau gimana gitu saya gak tau ya. Main catur aja sepanjang hari. Pagi saya lewat, main catur. Siang, masih main catur.

Saya aja rasanya nyesel banget dulu pas masih smp dan sma, hobi nongkrong di pinggir jalan. Gak ngapa"in. Duduk" aja gitu.

Rasanya buang" waktu banget dah...

padahal yang kayak gini sudah diperingatkan oleh salaf lho
«لا تقعدوا فِراغاً، فإن الموت يطلبكم»
"Janganlah kalian duduk menganggur, karena sesungguhnya kematian mencari kalian!"-Abu Muhammad rahimahullah-
Baarakallahufiikum

Sunday, 19 November 2017

tentang jalan raya bojong klapanunggal, rek

Bismillaah

Medio 2015 dulu, perjalanan menuju ke Ma'had Riyadhul Jannah sungguh menyiksa jiwa. Selain macet dan bersaing denga truk" di Jalan Raya Narogong, sepanjang jalan raya Bojong-Klapanunggal rusak parah. Jalan yang seharusnya gak terlalu jauh harus ditempuh selama 1 jam karena jalan berlubang di banyak tempat.
tapi itu dulu....

hari Ahad kemarin, jalan dari Coco Garden ke arah ma'had sudah dicor semua. Alhamdulillah perjalanan menjadi lancar sekarang

jazaakallahu khairan kepada Pemkab Bogor atas perhatiannya kepada jalan tersebut. Sudah kami tunggu bertahun" lho. Hehehe


‏فإن الصدع بالحق والتظهر بما لا يوافق الناس من الحق، لا يستطيعه إلا الأفراد وقليل ما هم.

"Sesungguhnya lantang menyuarakan kebenaran dan menampakkan hal-hal yang tidak sesuai dengan keinginan manusia dari kebenaran, tidak mampu melakukannya kecuali segelintir orang dan mereka ini sedikit jumlahnya."
-Al-Imam Muhammad bin Ali asy-Syaukany rahimahullah-

Baarakallahufiikum

Friday, 17 November 2017

tentang petaka cinta dunia, rek

Bismillaah
Rasulullah shallaahu alaihi was sallam bersabda:

فَوَاللَّهِ لَا الْفَقْرَ أَخْشَى عَلَيْكُمْ، وَلَكِنْ أَخَشَى عَلَيْكُمْ أَنْ تُبْسَطَ عَلَيْكُمْ الدُّنْيَا كما بُسِطَتْ على من كان قَبْلَكُمْ، فَتَنَافَسُوهَا كما تَنَافَسُوهَا، وَتُهْلِكَكُمْ كما أَهْلَكَتْهُمْ

"Maka demi Allah, bukanlah kefaqiran yang aku takutkan akan menimpa kalian, akan tetapi yang aku takutkan atas kalian adalah tatkala dunia sudah dibentangkan kepada kalian, sebagaimana telah dibentangkan kepada umat sebelum kalian, sehingga kalian pun berlomba-lomba mengumpulkan dunia, sebagaimana mereka berlomba-lomba dalam dunia. Akhirnya dunia ini membinasakan kalian sebagaimana dunia ini telah membinasakan mereka.
[Riwayat Al-Bukhary dan Muslim 2961 dari hadits Amr bin Auf radhiallahu anhu]

Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah berkata:

لما كان الناس إلى الفقر أقرب، كانوا لله أتقى وأخشع وأخشى.

"Ketika manusia lebih dekat kepada kefaqiran, maka mereka akan lebih bertaqwa lebih khusyuk dan lebih takut kepada Allah.

ولما كَثُر المال؛ كثُر الإعراض عن سبيل الله، وحصل الطغيان، وصار الإنسان الآن يتشوف لزهرة الدنيا وزينتها... سيارة، بيت، فرش، لباس.

Dan ketika harta telah banyak, banyak berpaling dari jalan Allah, terjadilah sikap melampaui batas, sehingga manusia sekarang ini menjadi lebih memandang kepada dunia dan perhiasannya, mobil, rumah, kasur-kasur, pakaian.

يباهي الناس بهذا كله، ويعرض عما ينفعه في الآخرة.

Manusia bermegah-megahan dalam ini semua, dan berpaling dari apa yang bermanfaat buat mereka di akhirat.

وصارت الجرائد والصحف وما أشبهها لا تتكلم إلا بالرفاهية وما يتعلق بالدنيا، وأعرضوا عن الآخرة، وفسد الناس إلا من شاء الله.

Media masa, surat kabar dan yang semisalnya tidaklah membahas kecuali masalah kemewahan dan yang segala yang berkaitan dengan dunia dan mereka berpaling dari akhirat. Dan menjadi rusaklah manusia, kecuali yang dikehendaki Allah

فالحاصل أن الدنيا إذا فتحت - نسأل الله أن يقينا وإياكم شرها - أنها تجلب شرًّا وتُطغي الإنسان.

Kesimpulannya, sesungguhnya dunia itu, jika dibuka (kita memohon kepada Allah semoga Allah menjaga kita dan kalian dari kejelekkannya), sesungguhnya ia akan mendatangkan kejelekkan dan menjadikan seorang insan melampaui batas.
[Syarh Riyadh Ash-Shalihin. 3/361]

Baarakallahufiikum

Monday, 13 November 2017

tentang alasan kita berteman, rek

Bismillaah
Kita bersahabat karena keimanan, karena keislaman seseorang..

Kita bersahabat karena sunnah yang ada pada dia...

Kita bersahabat karena akhlaqul karimah yang ada padanya..

Kita bersahabat dikarenakan :

¤ Ibadah dia yang luar biasa,
¤ Yang semangatnya diatas sunnah,
¤ Muamalahnya baik,
¤ Akhlaqnya bagus,
¤ Aqidahnya lurus,
¤ Manhajnya lurus...

...karena itu semua..

BUKAN KARENA DUNIA..

barakallahu fiikum..

Ketika ukhuwah itu, diniatkan karena Allah subhanahu wata'ala, maka akan terwujud setelah itu berbagai macam perkara-perkara yang sangat indah dalam persahabatan.

Maka akan terwujud persahabatan yang islam.

Sebuah persahabatan yang diatas sunnah,
● Suka dan duka bersama..
● Ada yang mampu membantu yang tidak punya.
● Ada yang tidak punya dibantu sama yang lain-lainnya.

Ada unsur taawun karena Allah azza wa jalla..

Padanya ada perjuangan :

~membela kebenaran,

~membela sunnah,

~membela al haq,

~padanya ada upaya tanasuh saling menasehati,

~saling menegur ketika ada perkara yang mungkar,

~ketika ada perkara yang maksiat,

~ketika ada perkara yang menyimpang dari islam,

>> ditegur,
>> dinasehati,
>> diperbaiki ketika ada yang salah.

Itu semua karena cintanya karena Allah azza wa jalla .

Persahabatannya karena Allah subhanahu wata'ala. Barakallahu fiik

TIDAK ADA SEDIKITPUN KARENA DUNIA ATAU KARENA YANG LAIN-LAINNYA..

*nasehat yang menyentuh hati dari Ustadz Afifuddin hafidzahullah

Saturday, 11 November 2017

tentang memberi nama anak perempuan sama dengan nama ibunya, rek

Bismillaah

Asy-Syaikh Muhammad bin Hadi al-Madkhaly hafizhahullah

Pertanyaan;

هل يجوز تسمية ابنتي الوليدة باسم والدتها؟ علمًا على أنَّ اختيار الاسم بناءً على كونه لأمهات المؤمنين أزواج رسول الله - صلَّى الله عليه وسلَّم - رضي الله عنهن؟

Bolehkah saya memberi nama anak wanita saya sama dengan nama ibunya?
Dan nama yang akan saya pilih adalah salah satu nama istri Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wa sallam- radhiyallahu anhunna?

Jawab:

لا بأس بذلك، إذا كان زوجتك خديجة وتُسَمِّي بنتك خديجة لا بأس، هي ما يُقال لها خديجة بنت خديجة، يُقال لها خديجة بنت محمد، خديجة بنت عبد الرحمن، خديجة بنت عبد الله، نعم لا بأس، وهكذا.

Tidak mengapa, jika nama istri anda Khadijah, dan anda menamakan anak wanita Anda Khadijah maka tidak mengapa. Dan dia tidaklah dipanggil Khadijah bintu Khadijah akan tetapi dia di panggil Khadijah bintu Muhammad atau Khadijah bintu Abdirahman atau Khadijah bintu Abdillah. Na’am tidak mengapa demikian.

Baarakallahufiikum

Thursday, 9 November 2017

tentang akibat meninggalkan majelis ilmu, rek

Bismillaah
Al-Imam Abdul Aziz bin Baz rahimahullah berkata:

فإن الإنسان إذا كان لا يحضر حلقات العلم، ولا يسمع الخطب، ولا يعتني بما ينقل عن أهل العلم فإنه يزداد غفلة

"Sungguh manusia jika tidak menghadiri majelis-majelis ilmu, tidak pula mendengarkan khutbah-khutbah ilmiyyah, tidak pula menaruh perhatian tehadap nukilan-nukilan dari ahlul 'Ilmi, pasti bertambahlah kelalaiannya.

وربما يقسو قلبه حتى يطبع عليه، ويختم عليه فيكون من الغافلين"

Bahkan akan mengakibatkan hatinya mengeras dan akhirnya menjadi hati yang mati. Lalu akhir hayatnya masih dalam kondisi demikian sampai pada akhirnya ia digolongkan sebagai orang-orang yang lalai."

Baarakallahufiikum