Thursday, 27 October 2011

cot panglima, rek

Bismilaah. Jadi ceritanya, dalam perjalanan pulang ke Takengon dari Medan kemarin, saya terbangun pukul 5 pagi. Saya terbangun karena merasa ada yang aneh. Bis terdiam. Tak bergerak. Apakah karena Maliq and d'Essentials? ~~kuu terdiam tak kuulaakukaan~~~~~ Ah lupakan.

well, pertanyaan saya terjawab lima detik kemudian oleh suara Ibu yang sedang menjawab telepon di sebelah saya
Iya ini lagi di Cot Panglima. Longsor. Tertahan dari jam 1 pagi.
Makk!!! Jadi, bis saya ini tertahan dari jam 1 pagi. Subhanallah yah!
Apakah itu Cot Panglima? Well, untuk menuju Takengon, satu"nya cara adalah melalui Bireuen. Dari Bireuen, kita musti belok kiri (kalo dari Medan) menembus pegunungan Gayo. Cot Panglima adalah nama salah satu jalan di sepanjang jalur Bireuen-Takengon ini.

Takengon terkenal akan Danau Laut Tawarnya dan trust me, danau ini indaahhhhhh bangettt!! Kalo mau ngedapetin sesuatu yang indah mau gak mau kudu susah dulu lah ya. Well, Cot Panglima ini susah banget (kalo gak mau dibilang serem ya)! Asal tau aja, dulunya Cot Panglima ini hanya cukup untuk satu jalur. Di sebelahnya ada bukit yang rawan longsor kalau hujan dan sebelahnya lagi ada jurang yang tak keliatan dasarnya. CREEPY!!
Pemkot Aceh Tengah tentunya concern dong dengan keadaaan seperti ini. Supaya pembangunan di daerahnya lancar, mau gak mau Cot Panglima ini kudu dilebarin. Alhasil, sejak Januari 2011 kemarin, alat" berat mulai didatangkan untuk mengeruk bukit yang ada di sebelah jalur ini. Lama prosesnya sih 6 bulan. Tapi ini sudah bulan mau-Oktober, tapi tuh proyek belum selese" juga.

sejak adanya pelebaran, longsor masih sering terjadi. Akibatnya, macet pun semakin bertambah panjang di daerah ini. Macet yang awalnya terjadi karena adanya proses buka-tutup jalan jadi kena combo gara" longsor. ...seperti yang saya adepin kemarin,

tapi, lumayan lah karena longsor ini saya jadi gak ngantor. Muehehehe
ternyata tertahannya saya selama 6 jam masih belum ada apa"nya dibandingkan Kasi saya. Beliau pernah tertahan di sana sampe 12 jam!!
gambar diambil dari sini, sini dan sini

2 comments:

  1. ngeliat gambar pertama, wew serem abis jalurnya....... bismillah semoga semua yg lewat sana selamat.

    ReplyDelete
  2. alhamdulillah sih sejauh ini selamat semua ya, miss. Yang gak selamat ya itu....waktunya. Heheu

    ReplyDelete