Wednesday, 2 May 2012

perkara mubah, rek

Bismillaah.
Masih ngebahas masalah niat nih.

Kita, terutama kaum Muslimin tahu apa itu perkara mubah. Perkara mubah adalah perkara yang bila dikerjakan tidak apa" dan tidak mendapatkan pahala, dan bila tidak dikerjakan juga tidak apa" dan tidak mendapatkan dosa. Contoh perkara mubah ada banyak. Kita menyebutnya perkara" duniawiah. Semisal tidur, makan, nyetir mobil, maen game.

Namun, yang perlu kita ketahui perkara mubah yang kita kerjakan bisa naik derajat menjadi perkara yang bila dikerjakan dapat mendapatkan pahala jika niatnya baik.

Masih agak sama dengan postingan yang lalu yah. Kita tahu nyetir mobil bagi laki" adalah perkara yang mubah (saya ndak mau mbahas wanita yang nyetir mobil ya. Karena masalah ini diperselisihkan oleh para ulama tentang hukumnya) Bisa nyetir gak papa, gak bisa nyetir juga gak papa. Namun, beda hasilnya jika kita belajar nyetir mobil untuk nganter ayah kita yang akan mencari nafkah, misalnya. Atau kita belajar nyetir mobil supaya bisa ikut ngajak temen ngejenguk orang sakit. Insyaallah, perkara ini akan naik derajatnya di sisi Allah Ta'ala sebagai perkara yang diridhoiNya.

Sekali lagi, saya ingetin buat diri saya pribadi dan mas-mbak yang nyasar ke blog saya untuk memperhatikan niat karena banyak perkara" mubah bisa naik derajat tanpa kita ketahui....karena niat

Sungguh hanya Allahlah Dzat pemberi taufik dan hidayah
Baarakallahufiik

No comments:

Post a Comment