Wednesday, 23 May 2012

tahu tapi tanya, rek

Bismillaah.
Pernah gak sih merasakan betapa menyebalkannya orang yang tahu tapi tanya dengan tujuan pamer?

Well, untuk kasus ini, masih menilik dari hadits 'umar bin Khattab di hadits pertama Al Arbain An Nawawiyyah, kita diperbolehkan bertanya untuk sesuatu yang sudah tahu untuk mengajari orang yang belum tahu.

Sebagaimana Jibril 'alaihissalam bertanya kepada Rasulullah perihal apa itu Islam dan apa itu Iman padahal Jibril 'alaihissalam tentunya memiliki pengetahuan tersebut, maka kita juga diperbolehkan bertanya kepada seorang 'alim di suatu majelis ilmu untuk sesuatu yang kita ketahui dengan maksud mengajari orang yang belum tahu.

Tentu saja, niat berperan penting di sini. Jangan sama terjatuh kepada riya'

Sungguh hanya Allahlah Dzat yang mampu membolak-balikkan hati manusia.

Baarakallahufiikum

2 comments:

  1. Iya banget ini...
    Apalagi pas jaman2 kuliah.. Pasti adaaaa lah ya yang udah tau tapi sengaja tanya ke dosen.
    Yah, selama gak tanya pas injury time sih gapapalah ya..
    issshhh...

    ReplyDelete
  2. hebat bangetlah orang itu. Lha wong aku aja hampir gak pernah tanya. Wkwkwk

    ReplyDelete