Thursday, 14 June 2012

dan imam ahmad menangis, rek

Bismillaah

Suatu hari Al Imam Ahmad rahimahullah menangis karena mendengarkan suatu bait sya'ir (orang Arab suka bersya'ir. Yang harus diperhatikan adalah sya'ir itu bukan lagu lo ya)

Ini bunyi sya'irnya
Jika Rabb-ku berkata kepadaku, "Apakah engkau tidak malu bermaksiat kepadaKU?


Aku menutupi dosamu dari makhluk-Ku tapi dengan kemaksiatan engkau mendatangi-Ku"


Maka bagaimana aku akan menjawabnya? Aduhai, celakalah aku dan siapa yang mampu melindungiku?


Aku terus menghibur jiwaku dengan angan" dari waktu ke waktu


Dan aku lalai terhadap apa yang akan datang setelah kematian dan apa yang akan datang setelah aku dikafani


Seolah-olah aku akan hidup selamanya dan kematian tidak akan menghampiriku


Dan ketika sakaratul maut yang sangat berat datang menghampiriku, siapakah yang mampu melindungiku?


Aku melihat wajah" manusia, tidakkah ada di antara mereka ini yang akan menebusku?


Aku akan ditanya tentang apa yang telah aku persiapkan untuk dapat menyelamatkanku (di hari pembalasan)


Maka bagaimakah aku akan dapat menjawabnya setelah aku melupakan agamaku


Aduhai sungguh celakalah aku, tidakkah aku mendengar firman Allah yang menyeruku?


Tidakkah aku mendengar apa yang datang kepadaku (dalam surat) Qaaf dan Yasin itu?


Tidakkah aku mendengar tentang hari kebangkitan, hari dikumpulkannya (manusia dan hari pembalasan?


Tidakkah aku mendengar panggilan kematian yang selalu menyeruku, memanggilku?
Maka wahai Rabb-ku, akulah hambamu yang ingin bertaubat, siapakah yang dapat melindungiku?


Melainkan Rabb yang Maha Pengampun lagi Maha Luas Karunianya, Dialah yang memberikan hidayah kepadaku


Aku datang kepada-Mu, maka rahmatilah diriku dan beratkanlah timbangan (kebaikanku)


Ringankanlah hukumanku, sesungguhnya hanya Engkaulah yang kuharapkan pahalanya untukku...
(Kitab Manaqib Al Imam Ahmad halaman 205 oleh Al Imam Ibnul Jauzi)
Baarakallahufiikum

26 comments:

  1. Makasih sudah mampir ya. Mantafssssss

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang mantap apanya kang?
      mampirnya atau postingannya?
      wew

      Delete
  2. Kunjungan Perdana Sob
    Salam Kenal N Sekalian Izin Follow ya
    Terima Kasih Sebelumnya

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. jiahh
      merinding kok pake smiley :senyum?
      harusnya kan :serem
      hehehe

      Delete
  4. Assalamu'alaikum, kunjungan balik nihh :D

    ReplyDelete
  5. Kok bisa nangis ya. cuma karena itu.

    ReplyDelete
  6. mungkin karena dua hal bang
    1. Isi sya'irnya yang emang menyentuh
    2. Hati Imam Ahmad rahimahullah yang mudah tersentuh

    ReplyDelete
  7. sya'irnya memang menyentuh kok..

    salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tuh kann emang menyentuhh

      salam kenal jugaaa

      Delete
  8. Replies
    1. itu smileynya merinding ama merem?
      hehehe

      Delete
  9. ini kalo dibaca dini hari setelah shalat tahajjud, bener, kita bisa nangis.

    ReplyDelete
  10. Imam Ahmad aja nangis. kita mestinya pingsan ya saking takutnya :(

    Syukurlah punya Rabb yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, yang Maha Menerima taubat hambaNya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, mbak, amalanku kayaknya gak ada apa"nya ama beliau...
      cedih bet cedih

      Delete
  11. mbrebesmiliii bacanya T.T

    ReplyDelete
  12. hmmm, kalimat yg baik dan permohonan yg sangat ya, semoga kita semua mendapatkan Ridho Nya. Amin :D

    ReplyDelete