Monday, 18 June 2012

jenis" orang kafir, rek

Bismillaah
Kemarin" aku liat ILC di tvOne yang lagi ngebahas FPI vs Lady Gaga. Ndilalah, ada perwakilan salah satu ormas yang salah mengartikan jihad. Gemes banget aku jadinya. Dia bilang kalo (semua) orang kafir itu harus di-jihad-i. Alamakkkk!! Bukan gitu maksudnya om!

Islam itu agama yang indah. Apabila ada opsi perdamaian, ya itu yang lebih dipilih. Perang terhadap orang kafir hanya boleh dilakuin kalau ancaman orang kafir yang memerangi Islam itu bener" nyata, orang Islam punya persiapan dan persatuan dan masih banyak lagi dasar" memerangi orang kafir ituh

Asal tau aja yah. jenis orang kafir itu ada 4 dalam Islam.
  1. Kafir Adz-Dzimmi (orang" kafir Ahlul Kitab yang hidup di negeri kaum muslimin dengan aman dan membayar jizyah). Dalilnya: Qur’an Surat At-Taubah ayat 29.
  2. Kafir Al-Mu’ahad (orang" yang memiliki perjanjian dengan kaum muslimin untuk tidak saling memerangi). Seperti orang-orang musyrikin yang terlibat perjanjian Hudaibiyyah dengan Nabi untuk tidak saling memerangi. Kalo sekarang ya, orang Amerika dan negara" lain gitu
  3. Kafir Al-Musta’min (orang" kafir yang masuk ke dalam negeri kaum muslimin dengan jaminan keamanan dari pemerintah muslim atau jaminan keamanan dari satu orang saja dari kaum muslimin). Dalilnya : Qur’an Surat At-Taubah ayat 6.
  4. Kafir Al-Harbi (orang" kafir yang memerangi kaum Muslimin)
Ketiga jenis orang kafir dari nomor 1-3 ini darahnya terjaga, tidak boleh ditumpahkan. Barangsiapa yang membunuh orang kafir jenis ini, maka ia harus :
  • Membayar diyat, jika ahli warisnya bukan orang kafir harbi (yang memerangi kaum muslimin)
  • Membayar kaffarat : memerdekakan budak mukmin atau berpuasa 2 bulan berturut-turut.
Apabila mereka gak melakukan dua hal di atas, maka ancamannya sungguh keras. Mereka tidak akan mencium baunya surga. Padahal, surga itu tercium dari jarak 40 tahun perjalanan...
    Demikian semoga mencerahkan
    Baarakallahufiikum

    16 comments:

    1. nah, yg point 4 itu darahnya halal ya, boleh di berihh ulang, hihiy :D

      ReplyDelete
    2. iya sih
      tapi sebelum memerangi mereka itu ada banyak sekali ketentuannya
      kalo ada opsi damai itu yang lebih dipilih sih...

      ReplyDelete
    3. terima kasih telah berbagi sob
      tambah pengetahuan

      ReplyDelete
    4. ya, saya juga nonton acara itu. merinding ya..
      tapi apapun, kalo bagi saya, sekarang, secara kontekstual, kita kan hidup di bawah payung persaudaraan antarbangsa seluruh dunia. tentunya ada visi kemashlahatan yang perlu dijaga dan dijunjung tinggi.

      ReplyDelete
      Replies
      1. bener banget, kang. Sekarang intinya damai aja lah. Gak usah perang"an...

        Delete
    5. berarti darah nomer 4 halal ye... Tapi, tetep aje jijay akh.. makan darah orang #eh..

      makasiih udeh bagi ilmu kawan :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. halal ditumpahkan maksudnya, kang
        tapi inget lo ya
        ada syarat"nya itu

        Delete
    6. Sungguh, pemahaman yang seperti ini perlu dimiliki oleh setiap Muslim agar perdamaian tetap terjaga di bumi Allah ini.

      Makasih banyak ya, Mas.

      ReplyDelete
      Replies
      1. sama" pak
        saya cuman share ilmu aja kok ini mah

        Delete
    7. terimakasih sudah sharing, dapat ilmu baru nih :)

      kalo amerika tuh, perjanjiannya sama negara apa ya ?

      salam kenal, mohon fo, pasti ane foback :)

      ReplyDelete
    8. bener banget bro, org masih saja salah paham dgn jihad hmmm...nice share anyway :)

      ReplyDelete