Monday, 2 July 2012

enaknya jadi petani, rek

Bismillaah
Dari Jabir bin Abdillah radhiallahu 'anhuma dia berkata, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam menemui Ummu Mubasyir Al Anshariyah di kebun kurma miliknya.

Maka Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda kepadanya, "Siapakah yang menanam pohon kurma ini? Apakah dia seorang Muslim atau kafir?" Dia menjawab, "Seorang Muslim." Maka beliau bersabda, "Tidaklah seorang Muslim menanam tanaman apapun atau bertani dengan tumbuhan apapun, lalu tanaman tersebut dimakan oleh manusia, atau binatang melata atau sesuatu yang lain, kecuali hal itu akan bernilai sedekah untuknya." (HR. Muslim no. 1552)

Subhanallah!
Di antara rahmat Allah adalah Dia menjanjikan banyak pahala pada berbagai bentuk amalan kebaikan walaupun yang sifatnya rendah di mata kebanyakan manusia....

Allah tidak menjadikan pahala sedekah hanya untuk orang" kaya, akan tetapi juga menyediakan jalan" sedekah bagi mereka yang biasanya miskin, seperti para petani...

Semoga Allah merahmati semua petani Muslim di negeri ini.

Baarakallahufiikum

10 comments:

  1. petani nggak selalu penggarap kan Mas? boleh juga bukan jika petani ini kemudian menjadi kaya dan sukses.

    ReplyDelete
    Replies
    1. insyaallah juga bisa nyang punya lahan, kang. Kalau kaya? Wah ya itu rezeki mereka. Hehehe

      Delete
  2. Sukses akan selalu menjadi hak kita semua. Kalau kata Motivator A Wongso "Success is my right". Karena jasa petani juga lah seluruh rakyat Indonesia bisa makan, jasa Petani akan selalu mulia bagi bangsa Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. pahlawan tanpa tanda jasa ya, kang...

      Delete
  3. Petani adalah salah satu pekerjaan terhebat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi sayang banyak yang belum nyadar yah :sedih

      Delete
    2. . . ea bener banget. bahkan sampe ada yg terkesan kalo petani itu rendah. padahal sebalik nya. daripada pejabat, tapi kayak gitu lah. he..86x . .

      Delete
    3. ada alasan kenapa harus 86x? Hehehe

      Delete
  4. saya baru tahu, bahkan ada hadist tetang bertani..

    islam sungguh kompleks. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahkan sampe buang hajat aja diatur lho dalam Islam

      Delete