Wednesday, 11 July 2012

nampilin foto pembantaian, rek

Bismillaah
Pertanyaan:
Dalam beberapa pertemuan ditampilkan luka" yang dialami oleh muslimin di Palestina dan yang selainnya. Di situ ditampilkan foto orang yang terluka dan terbunuh. Dan kadang" mereka menampilkannya dalam bentuk video dengan maksud untuk mendorong kaum muslimin supaya menyumbangkan harta mereka kepada saudaranya. Apakah hal tersebut diperkenankan?

Jawaban:
Perbuatan tersebut tidak diperbolehkan, tidak diperbolehkan menampilkan foto orang yang terluka. Bagaimanapun, kaum muslimin seharusnya diajak bershadaqah untuk saudaranya. Dan mereka hendaknya diberi tahu bahwa saudaranya dalam keadaan buruk (ditindas) yang mana mereka menjadi seperti itu karena ulah Yahudi. Tanpa harus menampilkan foto" dan foto" orang yang terluka.

Perbuatan tersebut tidak diperbolehkan karena terkait penggunaan foto (keharaman gambar makhluk hidup) dan juga hal tersebut merupakan bentuk takalluf (membebani diri sendiri) terhadap hal yang Allah Ta’ala tidak perintahkan. Dan perbuatan tersebut juga menyebabkan melemahnya kekuatan kaum muslimin.

Karena jika kalian menampilkan gambar tersebut kepada orang" tentang foto" kaum muslimin yang telah dimutilasi atau bagian tubuh yang telah terpotong, maka hal seperti itu merupakan bentuk menakut-nakuti kaum muslimin dan menjadikan kaum muslimin gentar terhadap perbuatan musuh-musuh mereka.

Dan seharusnya kaum muslimin tidak menampakkan kelemahannya dan musibah yang menimpanya, serta segala sesuatunya. Sebaliknya, mereka seharusnya menyembunyikan hal" tersebut sampai tidak melemahkan kekuatan kaum muslimin.

Nih lebih lengkapnya jawaban Syaikh Shalih Al Fauzan hafidzahullah
Dari Muhadharah At-Tauhid Miftaah As-Sa’aadah fii Ad-Dunyaa wal Akhirah, Syaikh Shalih Al-Fauzan. Sebagaimana dalam Kitab Al-Ijaabatu Al-Muhimmah fii Al-Masyaakili Al-Mulimmah (2/105)

Baarakallahufiikum

8 comments:

  1. Terima kasih infonya..
    maaf ingin bertanya "(keharaman gambar makhluk hidup)" maksudnya apa??
    adakah kita diharamkan untuk memperlihatkan foto makhluk hidup atau apa??
    keluar dari topik tapi benar2 ingin tahu.. contohnya foto2 di blogku, adakah aku telah melakukan kesalahan.. mohon bimbingan.. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. hadits" yang menjelaskan ini buanyak banget sih, mbak. Perlu postingan tersendiri keknya

      Delete
    2. maksud kamu, akan menjelaskan di postingan yang lain. kalau gitu ditunggu yah.. terima kasih ^_^

      Delete
    3. iya insyaallah, mbak. Pelan". Soalnya kebanyakan Muslim merasa asing dengan hal ini. Padahal dalil yang menunjukkan terang sekali. Malamnya sama dengan siangnya

      Delete
  2. lagian dari sisi jurnalistik juga nggak etis bukan untuk menampilkan foto demikian

    ReplyDelete
  3. Bener banged mas Zachflazz. Lebih mengedepankan jurnalisme yang apik dan indah lebih balik lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik lagi kali yaa maksudnya

      Delete