Wednesday, 19 September 2012

adab dalam majelis ilmu part 3, rek

Bismillaah
Adab dalam majelis ilmu yang ketiga adalah berlomba untuk berada di tempat terdepan

Dari Abu Waqid al-Harits bin 'Auf radhiyallahu 'anhu bahwasanya pada suatu ketika Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam sedang duduk dalam masjid beserta orang banyak. Lalu ada tiga orang yang datang.

Kedua orang itu berdiri di depan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam. Adapun yang pertama, setelah ia melihat ada tempat yang lapang dalam majelis itu dia terus duduk di situ, orang yang kedua duduk di belakang orang banyak, sedangkan orang ketiga terus menyingkir dan pergi.

Setelah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam selesai, beliau bersabda,

"Tidakkah engkau semua suka kalau saya memberitahukan perihal tiga orang? Adapun yang orang yang pertama (yang melihat ada tempat lapang terus duduk di situ), maka ia menempatkan dirinya kepada Allah, kemudian Allah memberikan tempat padanya. Adapun yang lainnya (yang duduk di belakang orang banyak), ia pemalu, maka Allah pun malu padanya, sedangkan yang seorang lagi (yang menyingkir dari majelis), ia memalingkan diri, maka Allah juga berpaling dari orang itu." (Muttafaqun 'alaih)
Namun apabila usahanya untuk duduk di depan itu akan mengganggu saudaranya yang lain dengan memaksa berdesak-desakan, maka hendaknya dia mengalah mencari tempat lain.

Baarakallahufiikum

No comments:

Post a Comment