Friday, 23 November 2012

takut menikah karena sudah tidak perawan, rek

Bismillaah
Oleh: Al Ustadz Abu Muawiyah Hammad hafizhahullah

Tanya:
Bismillaah. Bagaimana dengan seorang akhwat yang tidak mau nikah karena takut tidak perawan lagi? Tolong nasehatnya.

Jawab:
Sebenarnya masalah ini cukup sederhana. Jika memang dia khawatir tidak perawan lagi, maka dia tinggal memeriksakan diri kepada ahlinya. Jika hasilnya dia masih perawan, maka masalahnya sudah tidak ada. Tapi jika dia terbukti bukan perawan lagi maka tentunya dia sendiri mengetahui apa sebabnya.

Jika ketidakperawanan itu terjadi karena keterpaksaan dia -misalnya pemerkosaan- maka hal itu tidaklah menghalanginya untuk menikah dengan pria yang baik, dengan syarat dia mengabarkan keadaan dirinya kepada calon suaminya. Jika tidak, maka itu sama saja dia telah menipu seorang muslim.

Jika ketidakperawanan itu terjadi karena keinginan sendiri -misalnya (maaf) perzinaan- maka dia tidak boleh menikah dengan pria muslim yang baik kecuali dengan dua syarat:
1. Dia telah bertaubat kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dengan taubat yang nasuha.
2. Dia telah lepas dari iddah (masa tunggu). Jika dia positif hamil maka iddahnya hingga dia melahirkan. Jika tidak, maka iddahnya adalah sekali haid untuk menyatakan kosongnya rahim dari janin.

Bagaimanapun juga, pernikahan adalah sunnah para nabi dan rasul. Tidak sepantasnya seorang muslim terlebih lagi seorang muslimah untuk meninggalkannya hanya karena alasan diatas. Karena sebagaimana yang terlihat di atas, Islam selalu membawakan jalan keluar bagi mereka yang jujur ingin menjalankan syariatnya.
Wallahu a’lam bish-shawab.
Sumber: Majalah Akhwat Shalihah, vol. 8/1432/2010, hal. 87-88.


Baarakallahufiikum

2 comments:

  1. trimakasih sob atas pencerahannya,,
    sangat berguna banget, apalagi di zaman skrg penelitian mengungkap bnyaknya para gadis lajang yg sudah tidak perwan dari berbagai faktor juga pihak pemuda yg tidak perjaka harus di ungkit juga dong,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo pemuda ya sama aja hukumnya seperti pemudi

      Delete