Friday, 15 February 2013

tidur sepanjang hari di bulan Ramadhan, rek

Bismillaah
Apa hukum bagi seorang yang menjalankan puasa Ramadhan akan tetapi dia tidur di sepanjang siang? Seseorang yang tidur dan bangun hanya untuk menjalankan perkara yang difardlukan kemudian tidur kembali?

JAWAB:
Ada dua keadaan dalam soal ini :
1. Seseorang yang tidur di sepanjang siang pada bulan Ramadhan dalam keadaan dia berpuasa, yang demikian tidak diragukan lagi bahwa dia telah berbuat kejahatan pada dirinya sendiri dan berbuat maksiat kepada Allah dengan meninggalkan shalat tepat pada waktunya. Apabila dia termasuk ahlul jamaah (orang yang diwajibkan untuk menjalankan sholat berjamaah di masjid) maka dirinya telah meninggalkan jamaah dan itu adalah haram. Wajib baginya bertaubat kepada Allah dan menjalankan shalat lima waktu tepat pada waktunya dengan berjamaah di masjid.

2. Seseorang yang tidur pada bulan Ramadhan dan bangun hanya untuk menjalankan shalat yang difardhukan tepat pada waktunya dengan berjamaah, yang demikian tidak berdosa akan tetapi dia telah terluput dari amal kebaikan yang banyak. Seyogyanya orang yang berpuasa menyibukkan dirinya dengan shalat, dzikir, doa dan membaca Al-Quran sehingga terkumpul dalam puasanya ibadah"yang lainnya. Sesungguhnya orang yang berpuasa apabila dia mengembalikan dirinya untuk mengerjakan dan memelihara amalan ibadah maka amal" ibadah tersebut akan mudah dia jalankan. Sebaliknya apabila dia mengembalikan dirinya dalam kemalasan, kelemahan dan keadaan yang sulit maka akan mendapatkan dirinya dalam keadaan sulit dan malas untuk menjalankan amalan ibadah. Saya nasehatkan agar memelihara amalan ibadah pada bulan Ramadhan, pasti Allah akan memudahkan amalan kita. (Syaikh Ibnu 'Utsaimin).

(Diterjemahkan oleh Al Ustadz Abu ‘Isa Nurwahid dari Kitab Fatawa As Shiyam Syaikh bin Baz dan Syaikh Utasimin, Syarhul Mumthi’ Ibnu Utsaimin, Ijabatus Sail Syaikh Muqbil bin Hadi)

Baarakallahufiikum

No comments:

Post a Comment