Monday, 5 August 2013

istri di surga, rek

Bismillaah

Apa maksud dari hadits ini?

Diriwayatkan dari Anas bin Malik radhiyallaahu ‘anhu dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam beliau bersabda:
أَلاَ أُخْبِرُكُمْ بِنِسَائِكُمْ فِي الْجَنَّةِ؟قُلْنَا بَلَى يَا رَسُوْلَ الله كُلُّ وَدُوْدٍ وَلُوْدٍ، إِذَا غَضِبَتْ أَوْ أُسِيْءَ إِلَيْهَا أَوْ غَضِبَ زَوْجُهَا، قَالَتْ: هَذِهِ يَدِيْ فِي يَدِكَ، لاَ أَكْتَحِلُ بِغَمْضٍ حَتَّى تَرْضَى
“Maukah kalian aku beritahu tentang istri" kalian di dalam surga?”
Mereka menjawab: “Tentu saja wahai Rasulullaah!” Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Wanita yang penyayang lagi subur. Apabila ia marah, atau diperlakukan buruk atau suaminya marah kepadanya, ia berkata: “Ini tanganku di atas tanganmu, mataku tidak akan bisa terpejam hingga engkau ridha.” (HR. Ath Thabarani dalam Al Ausath dan Ash Shaghir. Lihat Ash Shahihah hadits no. 3380)

JAWAB:
Maksudnya istri yang akan menjadi penghuni surga adalah istri yang taat pada suami, memenuhi kewajibannya penyayang terhadap anak"nya. Jika terjadi pertikaian dengan suaminya sehingga dia marah kepada suami atau suami marah kepadanyanya maka diapun segera meminta maaf dan memohon keridhaan suaminya, sehingga suaminya pun senang dengan sikap istrinya seperti itu (yakni suka bersegera dalam meminta maaf tanpa mendahulukan egonya sekalipun dia mengetahui sebenarnya kekhilafan ada pada sang suami dia segera memaafkan kesalahan suaminya tersebut)

(Ustadz Abdullah Sya'roni)

No comments:

Post a Comment