Wednesday, 16 August 2017

ke banda aceh lagi, rek

Bismillaah


Yang namanya rejeki emang gak kemana yah. Hari Kamis kemarin gak nyangka aja gitu pak Bos yang baik nyuruh saya nemenin dia ke Banda Aceh! Alhamdulillaah!! Terakhir ke sana itu tahun 2015 and I can't wait to get there again

***

setelah penerbangan yang cukup mendebarkan (karena flight malam) di hari Ahad, sampailah kami di Banda Aceh. Sesampainya di sana, alhamdulillah kami dijamu di Mie Razali. Gak pake mikir lama", saya langsung aja pesen yang paling mahal: mie kepiting!! Hahaha.

Tapi, keadaan ternyata tidak sesuai yang saya harapkan. Lha piye? Masak nyajikan mie kepiting tapi gak diberi tang. Jadilah, saya motekin kepiting pake tangan. Halah sampe luka" tangan ane.

Puas makan, setelah itu kami langsung menuju hotel. Well, kalo merunut dari pengalaman saya yang notabene sering ke Banda Aceh, hotel"  di sini itu kurang bagus aja gitu. Mulai dari Hotel Madinah, Hotel Medan, Hotel 61, semuanya sama aja euy.

Tapi, kali ini beda
orang Kanwil ngebookingin kami 3 kamar di The Pade. The Pade ini bisa dibilang hotel baru di Banda Aceh. Desain eksteriornya mirip sama bangunan" art deco di Spanyol sana. Viewnya juga bagus. Dikelilingi persawahan dan langsung menghadap ke Bukit Barisan. Pokoke 1 malam kami di sana well spent lah ya

فالعبد دائما بين نعمة من الله يحتاج فيها إلى شكر ، وذنب منه يحتاج فيه إلى الإستغفار.

“Sesungguhnya seorang hamba selalu berada di antara kenikmatan dari Allah subhanahu wa ta’ala yang membutuhkan syukur (kepada-Nya), dan dosa yang dia lakukan yang membutuhkan istighfar (meminta ampun kepada-Nya).”
-Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah-

Baarakallahufiikum

Monday, 14 August 2017

bidadari kecilku, rek

Bismillaah

Beberapa malam yang lalu, saat kami semua sudah di tempat tidur, tiba" istriku bilang gini


"Shafiyyah, coba Al Fatihah"

*lalu Shafiyyah dengan cadelnya menyuarakan ayat" Al Fatihah*

"Coba An Naas"

*lanjut An Naas*

"Al Falaq dong, fiyyah"

*lanjut Al Falaq*

"Terakhir yaa, Al Ikhlas"

*lanjut Al Ikhlas*

saya speechless banget,
Juni kemarin Shafiyyah itu baru 3 tahun dan dia sudah bisa ngafal 4 surat!! MaasyaAllah ya 4 surat!! Di usia segitu, saya mah masih maen". Lha anakku sudah hafal ayat Quran aja. Ya sebenernya dia hafalannya gak lancar" amat sih. Kadang dia harus diingetin awalnya lalu dia bisa ngelanjutin akhirnya tapi saya mah takjub aja gitu...

***

Fiyyah, harapan ayah kepadamu tinggi, nak. Kamu harus menuntut ilmu agama setinggi mungkin. Jadi ustadzah kalau perlu...
pendidikan anak" Salafiyyin di tanganmu nak di masa depan nanti...

tetep shalihah ya nak...
ayah sayang sama kamu...

"ﺭﺣﻤﺔ ﺍﻟﻮلد الصغير ﻭﻣﻌﺎﻧﻘﺘﻪ ﻭﺗﻘﺒﻴﻠﻪ ﻭﺍﻟﺮﻓﻖ ﺑﻪ، ﻣﻦ ﺍﻷﻋﻤﺎﻝ ﺍﻟﺘﻲ ﻳﺮﺿﺎﻫﺎ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﻳﺠﺎﺯﻱ ﻋﻠﻴﻬﺎ".
"Menyayangi anak yang masih kecil, memeluknya, menciumnya, berlemah lembut terhadapnya. Ini merupakan amalan yang Allah ridhai dan Allah akan membalasnya (di dunia dan akhirat)". 
Ibnu Batthal rahimahullah
(Syarh Shahih al-Bukhari. 9/211)

Baarakallahufiikum

Friday, 11 August 2017

ajakan zina mata mengintai di mana-mana, rek

Bismillaah

Sungguh kita sudah hidup di zaman edan. Di mana" mata kita gak aman dari zina mata.


Naik KRL pagi, mbak" kantoran ikut menumpang dengan dandanannya yang menawan dan parfumnya yang semerbak.
Naik KRL malam, giliran mbak" SPG yang pulang.
Jalan" di mall, wah jangan ditanya, gak ibu", gak mbak" pakaiannya revealing semua
Browsing" di kantor, setan senantiasa membisiki untuk membuka web aneh"

akhirnya pelariannya ke blog...

Semoga Allah senantiasa menguatkan hatiku di atas kebenaran....

القلب إذا انشغل بالباطل لم يبق للحق فيه محل، كما أنه إذا انشغل بالحق لم يبق فيه للباطل محل.
"Hati jika sibuk dengan kebathilan maka di dalamnya tidak tersisa lagi tempat bagi kebenaran, sebagaimana jika dia sibuk dengan kebenaran maka di dalamnya tidak akan tersisa lagi tempat bagi kebathilan." 
Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah
Syarh Bulughul Maram, jilid 5 halaman 30
Baarakallahufiikum

Wednesday, 9 August 2017

plesiran ke paralayang di puncak, rek

Bismillaah

Plesiran itu salah satu cara bagi keluarga kecil kami untuk sejenak mengurangi kebosanan bermain-main di rumah...

Nah jadi, beberapa waktu lalu, mengingat kajian di Bogor lagi libur, kami sekeluarga memutuskan untuk liburan ke Puncak. Tujuan utamanya belum diputuskan sih. Pokoknya ke Puncak aja dulu. Jadilah kami berempat, seperti biasa, naik CB150R kesayangan menembus macetnya Tajur-Ciawi-Megamendung di hari Sabtu. Ya sebenarnya sih gak pengen kena macet ya soalnya sudah berangkat setengah 7 dari rumah. Di tengah perjalanan, kami memutuskan untuk ke At Ta'awun aja deh. Duduk" di masjid sambil makan cilok

Sesampainya di At Ta'awun rupanya situasi sudah mulai rame. Sebagaimana keluarga kelas menengah pada umumnya (haiah), kami kurang suka kalo lagi plesiran trus tempatnya rame gitu. Jadi seperti gak privat. Hahaha. Lalu, gak sengaja istri saya ngeliat ke bukit dekat At Ta'awun. "Mas kita ke sana aja yuk!"

me, smelling the scent of new places, said
"Hayuk!"

meluncurlah kita ke Bukit Paralayang. Dari Jalan Raya Puncak, masih masuk ke dalam sekitar 200 meter. Di sampingnya ada jalur flying fox yang sudah gak kepake lagi. Pas parkir, agak aneh sih, tumben nih, kagak ada yang narik parkir. (ternyata ditarikin parkir pas pulangnya. Wakakakak) Berarti bakalan asik nih tempat. Setelah parkir, masih harus naik tangga lagi. Gak jauh kok. Tapi ya anak" balita tetep harus digendong lah ya

Sesampainya di atas, wewwww, pemandangannya breathtaking banget. Sudah banyak yang ngantre buat naik paralayang. Kita? Karena ke sana modal kere (wakakakak) ya kita duduk" aja lah ya sambil makan gorengan. Lagi di atas bukit di Puncak ini. Anginnya kuat banget. Dingiiinnn


karena ground paralayang yang landai ke arah jurang, Shafiyyah dan Hanzhalah gak boleh jalan ke mana". Harus digandeng terus. Kami stay di sana sampe jam 10an. Bukannya gimana". Soalnya udara sudah mulai panas dan memang sudah waktunya pulang. Biar bisa shalat Dhuhur di rumah...

Ahhh nikmat rasanya berada di Puncak. Bisa mengaplikasikan rasa syukur kepada Allah. Betapa kita sebagai manusia ini kecil sekali di alam yang begitu luas yah. Begitulah, suatu saat harus ke sini lagi...
Syukur nikmat memiliki lima rukun:

● Rukun Pertama: Mengakui nikmat dan menyaksikannya.
● Rukun Kedua: Mengakui yang memberi nikmat.
● Rukun Ketiga: Mengakui pihak yang menjadi sebab sampainya nikmat itu kepadamu.
● Rukun Keempat: Menggunakan nikmat tersebut pada hal-hal yang membuat ridha pemberi nikmat (Allah Azza wa Jalla).
● Rukun Kelima: Menceritakan nikmat tersebut jika aman dari fitnah dan kedengkian.
Asy-Syaikh Muhammad Bazmul hafizhahullah

Baarakallahufiikum

Monday, 7 August 2017

menjelang 1 tahun dedek hanz, rek

Bismillaah

Tak terasa, dalam waktu dekat, tepatnya di tanggal 10 agustus, Hanzhalah, akan berumur 1 tahun. Rasanya baru kemarin, di kontrakan kami, di Villa Bogor Indah blok F3, ibunya harus melakukan VBAC untuk melahirkan dia. Dibantu 3 orang bidan yang didatangkan langsung dari Citayam, proses kelahiran berlangsung lama. Lama sekali bagi saya yang baru kali itu mendampingi orang melahirkan. Proses melahirkan dimulai dari jam 5 pagi sampai jam 8 malam.

tapi ya itu, semua proses berlangsung dengan nyaman karena diadakan di rumah sendiri. Percaya deh. Kalau istri melahirkan mending di rumah sendiri. Bebas. Istri jadi bisa melakukan berbagai pose yang diperlukan untuk mempercepat proses melahirkan secara alami. Di tempat tidur, oke. Di gym ball juga bisa

eh tapi ini kok jadi ngomongin melahirkan, ngomongin Hanz lagi lah ya

di usia yang hampir setahun, kamu sudah bisa lari. Jalaaaan aja ke mana". Gak capek". Energimu berlipat-lipat, nak, sampe orangtuanya jadi kelelahan.

sekarang kamu sudah tahu, kalo Ayah ambil kunci motor, kamu ikut lari ke arah pintu depan. Kalo pintunya ditutup sebelum kamu, kamu bakal kesel banget sambil teriak "ahhhh" lalu dengan isengnya ngintip lewat jendela. Sebaliknya, kalau diajak keluar, wihh senengnya luar biasa, seakan-akan selama ini dikungkung di rumah. Hehehe

kamu dah pinter minta gendong sama ayah. Kamu juga dah pinter nge-tag barang kekuasaanmu. Entah itu bedak, botol baby oil, dan semacamnya

well,
cerita tentang kamu masih akan berlanjut, hanz
yang shalih ya nak...

...Sesungguhnya anak-anak kitalah yang akan mengiringi kita di surga, bukan harta kita, jika mereka mengikuti kita dalam keimanan.
Allah berfirman yang artinya:
(Dan orang-orang yang beriman serta keturunan mereka yang mengikuti mereka dalam keimanan, Kami akan pertemukan mereka dengan keturunan mereka (di jannah), dan Kami tidaklah mengurangi pahala mereka sedikitpun. Setiap orang terikat dengan apa yang telah ia kerjakan.)
Setiap manusia pasti tidak ridho jika ia diberi kenikmatan di surga sedangkan anak-anaknya diadzab di neraka.
-Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin-

Friday, 4 August 2017

keinginan sekolah lagi, rek

Bismillaah

Saya dikelilingi teman" kuliah dan teman" kantor yang pintar"
mayoritas dari mereka berpendidikan tinggi dan berkeinginan untuk mengejar karir seluar biasa mungkin

saya?
saya kok gak tertarik ya dengan itu semua

pendidikan saya terakhir D4 Akuntansi STAN. Sebenarnya, keinginan untuk D4 itu membuncah di dada karena ingin keluar aja sih dari Takengon. Pas fase" daftar itu saya masih belum tau kalo jodoh saya qodarullah di Aceh. Mungkin kalo sudah mau proses, gak jadi D4 kali ya. Hehehe (udah ah. Gak baik ngomongin kayak beginian)
Alasan kedua ya orangtua. Ibu pengen saya kuliah S1. Mungkin keinginan beliau atas saya kuliah di ITS belum padam dan mengingat saya statusnya masih lulusan D3, yaa minimal harus kuliah lagi lah ya biar setara sama lulusan ITS

saya malas kuliah lagi a.k.a. kuliah S2
kenapa?
well, saya bertanya kepada diri saya sendiri dan melihat mereka yang mengejar S2...
Mayoritasnya adalah mereka kuliah S2 karena mengejar karir. Ada sih 1-2 yang kuliah S2 supaya bisa kabur dari daerah remote.

mengejar karir
terdengar menarik bukan?
di instansi saya, karir akan terbuka lebar bagi mereka yang sudah kuliah S2. Lulusan S2 akan diprioritaskan untuk mengikuti mentoring yang merupakan langkah awal untuk menjadi pejabat eselon IV

saya tidak tertarik mengejar karir
karena ada hadits shahih yang menganjurkan demikian...

((قَالَ لِي النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: يَا عَبْدَ الرَّحْمَنِ بْنَ سَمُرَةَ, لَا تَسْأَلْ الْإِمَارَةَ, فَإِنَّكَ إِنْ أُعْطِيتَهَا عَنْ مَسْأَلَةٍ, وُكِلْتَ إِلَيْهَا, وَإِنْ أُعْطِيتَهَا عَنْ غَيْرِ مَسْأَلَةٍ, أُعِنْتَ عَلَيْهَا, وَإِذَا حَلَفْتَ عَلَى يَمِينٍ, فَرَأَيْتَ غَيْرَهَا خَيْرًا مِنْهَا, فَكَفِّرْ عَنْ يَمِينِكَ, وَائتِ الَّذِي هُوَ خَيْرٌ))
 الحديث متفق عليه، أي اتفق عليه الشيخان هما: الإمام البخاري والإمام مسلم,

Nabi shallallahu alaihi wasallam dulu pernah berkata padaku:
"Wahai Abdurrahman bin Samuroh, jangan minta jabatan atau kedudukan! Karena sesungguhnya jika diberikan jabatan itu kepadamu dengan sebab permintaan, pasti jabatan itu (sepenuhnya) akan diserahkan kepadamu tanpa pertolongan dari Allâh. Dan jika jabatan itu diberikan kepadamu bukan dengan permintaan, pasti kamu akan ditolong oleh Allâh Azza wa Jalla dalam melaksanakan jabatan itu. Dan apabila kamu bersumpah dengan satu sumpah kemudian kamu melihat selainnya lebih baik darinya dan kamu ingin membatalkan sumpahmu, maka bayarlah kaffârah (tebusan) dari sumpahmu itu dan kerjakanlah yang lebih baik (darinya)”.

saya lebih baik menjadi staf yang bergaji dan memiliki penghasilan tinggi daripada jadi pejabat.
Serius, saya mending jadi staf sampe saya pensiun daripada jadi pejabat for I have known the consequences by reading the hadits above

di masa depan, saya tidak menampik akan jadi pejabat bila sistemnya sudah berubah. Di masa depan, mungkin sistemnya jadi seperti ini: pejabat menunjuk seorang staf untuk menjadi pejabat yang levelnya ada di bawahnya. Jadi penunjukan langsung. Tapi sudah secara mufakat gitu. Hehehe. Tapi yang kayak gitu ya susah sih terjadinya

jadi
maaf ya teman" kantor dan teman" kuliah
aku hanya bisa melihat kalian S2 dari sini

pesanku sih cuman satu
jangan sampai gelar yang kamu sandang itu membuatmu memandang remeh mereka yang gelarnya setingkat di bawahmu atau mereka yang tidak memiliki gelar sama sekali...

Baarakallahufiikum

Wednesday, 2 August 2017

tentang belajar bahasa arab, rek

Bismillaah

Adalah benar bahwa petunjuk bagi umat manusia adalah Al Quran. Semuanya ada di situ
adalah benar juga bahwa Al Quran ditulis dengan bahasa Arab. Salah satu bahasa yang paling susah dikuasai di dunia...
adalah benar juga bahwa di usia saya yang 28 tahun saya belum paham bahasa Arab.

malu"in sih. Kalah sama anak saya yang usianya 3 tahun tapi sudah tahu arti dari beberapa kosa kata Arab
lhaa habis gimana. Tiap hari diajak Ibunya ngajar di banat

so here's the story
beberapa bulan yang lalu, kantor kami kedatangan lulusan UGM. Seorang ikhwah. Rumahnya di Veteran.
berita bagusnya adalah dia bisa bahasa Arab!

di suatu sore di beranda Masjid Al Amanah, Abu Fathimah menawarkan untuk mengajari saya Durusul Lughah tiap habis ashar

alhamdulillah....

FYI, Durusul Lughah terdiri dari 3 jilid
so it's still a loooong way to go

Jadi mohon maaf bila blog ini sedikit berkarat karena adanya kesibukan yang bertambah

been working on something great

Baarakallahufiikum

Wednesday, 31 May 2017

semua ahlul bid’ah berdusta atas nama allah dan rasul-nya, rek

Bismillaah

Al-Imam Ibnul Qayyim rahimahullah ta’ala mengatakan,

جـميع أهـل الـبِدَع قد كـذبوا على الله ورسولـه ﷺ ،
 والخـوارج منْ أصدق الـناس لـهجـة،ً وقد كذبـوا على الله ورسولـه ﷺ " .

“Semua ahlul bid’ah telah berdusta atas nama Allah dan Rasul-Nya ﷺ.
Khawarij (masa dahulu) termasuk orang-orang yang paling jujur bahasanya, tetapi sungguh mereka telah berdusta atas nama Allah dan Rasul-Nya ﷺ.

ath-Thuruq al-Hukmiyyah, 1/152

Baarakallahufiikum

Tuesday, 30 May 2017

bahaya mendengarkan kebid'ahan, rek

Bismillaah

Asy-Syaikh Shalih al-Fauzan hafizhahullah berkata,

ومن استمع إلى البدع فإنّه حريٌّ أن يُفتن بها.
ويوكل إليها.
يخرج من عصمة الله سبحانه وتعالى .

“Barang siapa mendengarkan kebid’ahan, sungguh pantas bila dia terfitnah (terjerat) oleh bid’ah tersebut;
Dia akan dipasrahkan kepada bid’ah tersebut;
Dia akan keluar dari perlindungan Allah subhanahu wa ta’ala.”

Ithaful Qari 2/317

Baarakallahufiikum

Monday, 29 May 2017

memperhatikan orang-orang yang kesusahan bisa melembutkan hati, rek

Bismillaah

Asy-Syaikh Shalih al-Fauzan hafizhahullah berkata:

من أسباب لين القلوب واتعاظها التفكر في أحوال المرضى والفقراء والمبتلين.

"Termasuk sebab lembutnya hati dan mau mengambil pelajaran adalah dengan memikirkan keadaan orang-orang yang sakit, miskin, dan ditimpa musibah."

Al-Khuthabul Mimbariyyah, jilid 2 halaman 76

Baarakallahufiikum

Sunday, 28 May 2017

diantara syubhat untuk membela orang-orang yang salah, rek

Bismillaah

Asy-Syaikh Musthafa Mabram hafizhahullah berkata:

‏من القواعد المسقطة لجرح المجروحين ورد الغالطين قولهم:
(١) له جهود وجهاد في الدعوة ونصرة السلفية، وهذه شبهة إرجاء.
(٢) أصوله سلفية، فنحاكمه إليها.

"Termasuk kaedah yang digunakan untuk mengugurkan jarh terhadap orang-orang yang dijarh dan bantahan terhadap orang-orang yang salah adalah ucapan mereka:

1. Dia memiliki perjuangan dan jihad dalam dakwah serta membela manhaj Salaf.
Yang seperti ini merupakan syubhat model orang-orang Murji'ah.

2. Prinsip-prinsip pokoknya sesuai manhaj Salaf, maka hendaknya kita kembalikan dia kepadanya dalam menilainya."

Baarakallahufiikum

Saturday, 27 May 2017

kekhusyukan shalat abdullah bin az-zubair, rek

Bismillaah

كان عبدالله بن الزبير رضي الله عنه يصلي خلف المقام، كأنه خشبة منصوبة أو حجر منصوب لا يتحرك.

Abdullah bin az-Zubair radhiyallahu anhu biasa mengerjakan shalat di belakang Maqam Ibrahim, beliau seakan-akan kayu atau batu yang yang ditegakkan, tidak bergerak sama sekali.

Shahih, diriwayatkan oleh Abu Dawud dalam kitab az-Zuhd, no. 390

Baarakallahufiikum

Friday, 26 May 2017

balasan sesuai bentuk amalan, rek

Bismillaah

Al-Imam Abdul Aziz bin Baz rahimahullah berkata,

‏«فأنت يا عبد الله إن دعوت إلى خير فلك مثل أجور المهتدين على يديك ، وإن دعوت إلى شر فعليك مثل أوزارهم وآثامهم»

Apabila Anda—wahai hamba Allah—mengajak kepada kebaikan, Anda akan mendapatkan (pahala) seperti pahala orang yang mendapat hidayah dengan perantaraan Anda.
Apabila Anda mengajak kepada kejelekan, Anda juga akan mendapatkan (dosa) seperti dosa-dosa mereka.”

al-Fatawa, 6/522

Baarakallahufiikum

Thursday, 25 May 2017

hakikat tabaruj, rek

Bismillaah

Al-Imam Abdul Aziz bin Baz rahimahullah berkata,

والتبرج ليس تحررا من الحجاب فقط بل هو والعياذ بالله تحرر من الالتزام بشرع الله وخروج على تعاليمه

“Tabarruj tidak hanya membebaskan diri dari hijab, tetapi juga—kita memohon perlindungan kepada Allah—membebaskan diri dari keterikatan terhadap syariat Allah dan memberontak terhadap ajaran-ajaran syariat.”

Majmu’ al-Fatawa 5/226

Baarakallahufiikum

Wednesday, 24 May 2017

serahkan perkara-perkara besar kepada ahlinya, rek

Bismillaah

Asy-Syaikh Abul Harits Ibrahim at-Tamimy hafizhahullah berkata:

‏لستَ مطالباً يا طالب العلم بأن يكون لك كلامٌ وتعليقٌ في كل فتنةٍ وكل حَدَث؛ فمن التريّث والتؤدة تركُ بعض الأمور لأهل العلم الكبار يعالجونها!

"Wahai penuntut ilmu, engkau tidak dituntut untuk memiliki ucapan dan komentar dalam setiap fitnah dan setiap peristiwa, jadi termasuk sikap hati-hati dan tidak gegabah adalah menyerahkan sebagian perkara kepada para ulama besar agar mereka yang menanganinya."

Baarakallahufiikum

Tuesday, 23 May 2017

agama allah pasti akan ditolong, rek

Bismillaah

Asy-Syaikh Dr. Muhammad Ghalib hafizhahullah berkata:

‏دين الله جل وعلا منصور، ولا تزال طائفة من الأمة ظاهرة منصورة، لا يضرها خذلان بعض أبنائها ولا مخالفة أعدائها، والشأن والشرف أن تكون منها.

"Agama Allah Jalla wa ’Ala pasti ditolong, dan senantiasa akan selalu ada sekelompok dari umat ini yang eksis dan mendapatkan pertolongan, mereka tidak akan dirugikan oleh penelantaran atau tidak adanya upaya untuk menolong yang dilakukan oleh sebagian umat Islam sendiri, dan tidak pula akan dirugikan oleh sikap menyelisihi musuh-musuh mereka. Dan yang penting bahwasanya kemuliaan dan kehormatan itu adalah dengan engkau termasuk dari kelompok tersebut."

Baarakallahufiikum

Monday, 22 May 2017

bercanda yang berlebihan mengeraskan hati, rek

Bismillaah

Asy-Syaikh Shalih al-Fauzan hafizhahullah berkata:

مما يقسي القلب كثرة المزاح والضحك والمرح والهزل، فيجب على المسلم أن يتنبه لهذه الأمور.

"Termasuk perkara yang akan mengeraskan hati adalah banyak bercanda, tertawa, terlalu gembira, dan banyak main-main. Maka wajib atas seorang muslim untuk mewaspadai perkara-perkara ini."

Al-Khuthab al-Mimbariyyah, jilid 2 halaman 78

Baarakallahufiikum

Sunday, 21 May 2017

besarnya pengaruh keshalihan orang tua bagi kebaikan anak-anaknya, rek

Bismillaah

Allah Ta’ala berfirman:

ﻭَﻛَﺎﻥَ ﺃَﺑُﻮْﻫُﻤَﺎ ﺻَﺎﻟِﺤًﺎ.

"Ayah dari kedua anak yatim tersebut semasa hidupnya adalah orang yang shalih." (QS. Al-Kahfi: 82)

Abdullah bin Abbas radhiyallahu anhuma menjelaskan ayat di atas:

حُفظا بصلاح أبيهما، ولم يذكر عنهما صلاحًا.

"Kedua anak yatim tersebut dijaga dengan sebab keshalihan ayah mereka, dan Allah tidak menyebutkan keshalihan keduanya."

Shahih, diriwayatkan oleh Ibnul Mubarak dalam kitab az-Zuhd, halaman 112

Baarakallahufiikum

Saturday, 20 May 2017

orang yang paling aneh, rek

Bismillaah

Abu Bakr Muhammad ibnul Husain al-Ajurri  rahimahullah berkata,

Orang yang paling aneh di masa kita ini ialah:

yang memegang sunnah dan bersabar di atasnya;

yang berhati-hati dari bid’ah dan bersabar di atas kehati-hatian tersebut;

yang mengikuti atsar para imam kaum muslimin yang terdahulu;

yang mengetahui keadaan zamannya berikut dahsyatnya kerusakannya serta kerusakan orang-orangnya, sehingga dia sibuk memperbaiki keadaan dirinya dengan menjaga anggota badannya, meninggalkan pembicaraan yang tidak bermanfaat, dan berusaha memperbaiki kekurangannya;

yang mencari dunia sebatas kecukupannya dan meninggalkan kelebihannya yang akan menyebabkan dirinya melampaui batas.

al-Ghuraba, al-Ajurri, no. 47

Baarakallahufiikum

Friday, 19 May 2017

anjuran bagi pria untuk selalu tampil harum, rek

Bismillaah

Dahulu Abdullah bin Abbas radhiyallahu anhuma jika lewat di jalan maka orang-orang berkata, "Yang lewat minyak wangi misik ataukah Ibnu Abbas?!"

Siyar A’lamin Nubala', jilid 3 halaman 337

Baarakallahufiikum

Thursday, 18 May 2017

hakikat hikmah dari puasa, rek

Bismillaah

Asy-Syaikh Al-Allamah Ibnu Baaz rahimahullah ditanya:

Pertanyaan:
Tidak ragu lagi, sesungguhnya puasa itu memiliki banyak makna yang tinggi lagi agung. Maka kami ingin bertanya Wahai Syaikh yang mulia: Apa hakikat tujuan dari puasa itu?

Jawaban:
Tujuan dari puasa itu adalah mendekatkan diri kepada Allah Azza wa Jalla dan meninggalkan segala syahwat yang biasa dia butuhkan dalam rangka taat kepada Allah dan mengagungkan-Nya, mendekatkan diri kepada-Nya dengan apa yang disyariatkan-Nya.

Karena Allah Taala menyukai hamba-hamba-Nya untuk mendekatkan diri kepada-Nya dengan meninggalkan apa yang dicintai nafsu mereka, dalam rangka taat dan mendekatkan diri kepada-Nya.
Karena diantara tabiat seorang insan adalah mencintai makan, minum dan berhubungan dengan isterinya.

Maka Allah Azza wa Jalla mewajibkan untuk meninggalkan itu semua di hari-hari puasa dalam rangka mendekatkan diri kepada-Nya, sebagai cobaan dan ujian bagi hamba. Apakah dia mendahulukan rasa cinta kepada Allah atau mendahulukan hawa nafsunya?

Maka jika Allah memberi taufiq kepadanya untuk lebih mendahulukan kecintaan kepada Allah dan menaati-Nya dan menjaga puasanya dari berbagai apa yang Allah haramkan, maka itu merupakan bukti akan kuatnya iman, keyakinan dan kecintaannya kepada apa yang ada di sisi Allah Azza wa Jalla.

Baarakallahufiikum

Wednesday, 17 May 2017

seorang mu'min tidak merasa senang saudaranya tertimpa hal-hal yang tidak menyenangkan, rek

Bismillaah

Al-Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyyah rahimahullah berkata:

المؤمن يتوجّع لعثرة أخيه المؤمن؛ كأنه هو الذي عثر بها، ولا يشمت به.

"Seorang mu'min ikut merasa sakit ketika saudaranya sesama mu'min tersandung, seakan-akan dirinya yang tersandung, dan dia tidak merasa senang dengan perkara yang tidak disukai yang menimpa saudaranya tersebut."

Madarijus Salikin, jilid 1 halaman 436

Baarakallahufiikum

Tuesday, 16 May 2017

pilihlah keselamatan, karena bersama siapapun pasti ada yang memusuh, rek

Bismillaah

Asy-Syaikh Dr. Muhammad Ghalib hafizhahullah berkata:

‏من أراد حياة دون أعداء فقد طلب مستحيلا، وجود العدو أمر لازم؛ ما بقي صراع بين الحق والباطل، إما أن تواجه الباطل بصبر، أو تعتزل وما أظنك تنجو.

"Siapa yang mengharapkan kehidupan tanpa ada musuh, maka dia telah mencari sesuatu yang mustahil. Keberadaan musuh perkara yang pasti terjadi selama ada pertentangan antara kebenaran dan kebathilan. Jadi pilihannya apakah engkau menghadapi kebathilan dengan kesabaran, atau engkau berusaha menghindar, dan saya tidak menyangka engkau akan bisa selamat (dari keberadaan musuh)."

Baarakallahufiikum

Monday, 15 May 2017

para imam ahli bid'ah lebih berbahaya dibanding penguasa yang zhalim, rek

Bismillaah

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata:

Para imam ahli bid'ah lebih berbahaya terhadap umat dari pada para pelaku dosa.

Oleh karena itu Nabi shalllallahu 'alaihi was salam memerintahkan untuk memerangi khawarij, namun melarang dari memerangi penguasa yang zhalim."

Kitabul Iman halaman 223

Baarakallahufiikum

Sunday, 14 May 2017

radikalisme dan terorisme bukan dari islam, rek

Bismillaah

Haiah Kibarul Ulama mengatakan:

‏أفكار الغلو والتشدد والإرهاب الذي يفسد في الأرض ليس من الإسلام في شيء، بل هو عدو الإسلام الأول.

"Pemikiran-pemikiran melampaui batas, ekstrim, dan terorisme yang merusak bumi bukan berasal dari Islam sedikitpun, bahkan itu merupakan musuh Islam sejak awal."

Baarakallahufiikum

Saturday, 13 May 2017

mengapa orang sulit menangis karena allah, rek

Bismillaah

Yahya bin Mu’adz rahimahullah berkata:

«ما جفت الدموع إلا لقساوة القلوب، وما قست القلوب إلا لكثرة الذنوب، وما كثرت الذنوب إلا من كثرة العيوب»

"Tidaklah air mata kering kecuali karena kerasnya hati, tidaklah hati mengeras kecuali karena banyaknya dosa, dan tidaklah dosa semakin banyak kecuali karena banyaknya aib."

Syu’abul Iman, no. 6828

Baarakallahufiikum

Friday, 12 May 2017

lebih baik dimusuhi ahli bid’ah dibandingkan dimusuhi rasulullah, rek

Bismillaah

Al-Imam Yahya bin Ma’in rahimahullah berkata:

لأن يكون خصمائي أهل البدع يوم القيامة خير من أن يكون خصمي رسول الله صلى الله عليه وسلم بتركي الذب عن سنته.

"Sungguh, ahli bid’ah yang akan menjadi orang-orang yang memusuhiku pada hari kiamat nanti, itu lebih baik dibandingkan yang memusuhiku adalah Rasulullah shallallahu alaihi was sallam dengan sebab aku tidak membela sunnah beliau."

Al-’Alamusy Syamikh, halaman 388

Baarakallahufiikum

Thursday, 11 May 2017

wajib menjaga kemuliaan pemerintah, rek

Bismillaah

Haiah Kibarul Ulama mengatakan:

‏حفظ مقام ولي الأمر مما جاءت به الشريعة، واتفقت عليه كلمة العلماء والعقلاء، ففي ذلك حفظ للمصالح الدينية والدنيوية.

"Menjaga kemuliaan pemerintah termasuk yang dituntunkan oleh syari’at dan disepakati oleh para ulama dan orang-orang yang berakal, karena padanya akan terjaga maslahat-maslahat agama dan dunia."

Baarakallahufiikum

Wednesday, 10 May 2017

bahaya orang yang bermuka seribu, rek

Bismillaah

Asy-Syaikh Fawwaz bin Ali al-Madkhaly hafizhahullah berkata:

‏من تلوّنَ لك عند حاجته، سيتلوّنُ عليك عند حاجتك.

"Siapa yang suka berganti warna ketika dia memiliki kebutuhan dengan hal-hal yang engkau sukai, maka dia juga akan berganti warna ketika engkau memiliki kebutuhan dengan hal-hal yang akan merugikanmu."

Baarakallahufiikum

Tuesday, 9 May 2017

diantara sebab sempitnya hati dalam rumah, rek

Bismillaah

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu berkata;

"Sesungguhnya rumah itu akan terasa lapang bagi penghuninya, akan didatangi para malaikat, akan dijauhi syaithan dan akan banyak kebaikannya: Tatkala dibacakan di dalamnya Al-Qur'an.

Dan sesungguhnya rumah itu akan terasa sempit bagi penghuninya, akan dijauhi malaikat, akan didatangi oleh syaithan dan sedikit barakahnya: Tatkala tidak dibacakan Al-Quran di dalamnya.

Shahih Sunan Ad-Darimi

Baarakallahufiikum

Monday, 8 May 2017

makna sebuah kejujuran, rek

Bismillaah

Umar bin Al-Khatthab radhiyallahu 'anhu berkata:

"Sesungguhnya diantara tanda kejujuran taubatmu adalah engkau mengakui akan dosamu pada Allah subhanahu wa ta'ala.

Dan sesungguhnya diantara keikhlasan amalanmu adalah engkau tinggalkan ujub ( ingin dipuji).

Dan sesungguhnya diantara kejujuran syukurmu (pada Allah) adalah engkau mengakui akan kekuranganmu.

Tanbihu al Mughtarriin karya As Sya'roniy 165

Baarakallahufiikum

Sunday, 7 May 2017

muslim yang paling utama adalah yang menghidupkan sunnah, rek

Bismillaah

Imam Bukhari rahimahullah berkata:

Muslim yang paling utama adalah seorang yang menghidupkan kembali satu sunnah yang sudah mati dari sunnah-sunnah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

Maka bersabarlah kalian wahai Ahlussunnah, semoga Allah merahmati kalian, karena sesungguhnya kalian adalah manusia yang paling sedikit.

Al-Jami li akhlaaqi Ar-Rawi wa aadaab As-Sami' 1/112.

Baarakallahufiikum

Saturday, 6 May 2017

lembaran mushaf yang tidak terpakai, rek

Bismillaah

Apakah boleh membakar lembaran mushaf yang sudah tidak bermanfaat lagi untuk dibaca (karena sudah robek)?

Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata dalam Majmu' Fatawa 12/599:

"Dan adapun mushaf tua dan mushaf yang telah robek, yang tidak lagi bisa lagi bermanfaat untuk dibaca, maka mushaf tadi hendaknya dikubur di tempat yang terjaga. Sebagaimana kemuliaan badan seorang mukmin, dikubur di tempat tang terjaga. Selesai.

[Tafsir Qurthubi 1/54. Al-Furu' 1/193-194. Fathul bari Ibnu Hajar 9/20-22].

Baarakallahufiikum

Friday, 5 May 2017

kenapa syaithan hanya menggoda hati seorang mu'min, rek

Bismillaah

Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah berkata:

فالشـيطان لا يـأتي ليخـرِّب المـهدوم، ولكـن يأتـي ليخـرِّب المعـمور.

"Syaithan tidak datang untuk merobohkan rumah yang telah dihancurkan, tetapi dia datang untuk merobohkan rumah yang dimakmurkan."

Al-Qaulul Mufid, jilid 1 halaman 62

Baarakallahufiikum

Thursday, 4 May 2017

bahaya hasad, rek

Bismillaah

Hasad adalah keburukan bagi pemiliknya sebelum bagi orang lain. Karena hasad akan memakan hatinya, menggelisahkan pelupuknya (susah tidur), dan merobohkan tempat tidurnya."

الحسد شر على صاحبه قبل غيره ؛لأنه يأكل قلبه ويؤرق جفنه ويقض مضجعه .

Baarakallahufiikum

Wednesday, 3 May 2017

wajib untuk selalu mewaspadai dan memperingatkan bahaya pemikiran radikalisme dan terorisme yang diusung khawarij, rek

Bismillaah

Haiah Kibarul Ulama mengatakan:

‏فتنة الخوارج فتنة عظيمة؛ تتجدّد عبر الأزمان، وعلينا أن نكون متيقظين لهذا الفكر المنحرف؛ بكشف شبهه والتحذير منه.

"Fitnah Khawarij adalah fitnah besar, sepanjang zaman terus muncul dalam bentuk yang baru, maka wajib atas kita untuk mewaspadai pemikiran yang menyimpang ini dengan cara membongkar berbagai syubhatnya (kerancuan) dan memperingatkan manusia dari bahayanya."

Baarakallahufiikum

Tuesday, 2 May 2017

umatlah yang akan menjadi korban jika terjadi revolusi dan pemberontakan, rek

Bismillaah

Asy-Syaikh Shalih bin Muhammad al-Luhaidan hafizhahullah berkata:

‏«لا يقوم بالثورات والانقلابات إلا من لا يهتم بمصالح أمته، ولا يرعى ذمتها، فهي من أسباب تقويض كيان الأمة، وزرع الأحقاد، وسفك الدماء، وتسليط الأعداء»

"Tidak akan melakukan gerakan-gerakan revolusi dan pemberontakan kecuali orang yang tidak mempedulikan maslahat umatnya, dan tidak menjaga kehormatan mereka, karena hal-hal itu termasuk sebab robohnya bangunan umat, tertanamnya kedengkian, tertumpahnya darah, dan berkuasanya musuh."

Baarakallahufiikum

Monday, 1 May 2017

pengekor hawa nafsu hanya menerima dalil yang sesuai kepentingannya, rek

Bismillaah

Asy-Syaikh Abul Harits Ibrahim at-Tamimy hafizhahullah berkata:

‏بعض المتعالمين يُضعّف الحديث الذي رواه مسلم «تسمع وتطيع وإن ضرب ظهرك وأخذ مالك» وفي نفس الوقت يستشهد بالروايات الضعيفة! لا شك أنهم أصحاب هوى!


"Sebagian orang-orang yang sok merasa berilmu ada yang melemahkan hadits yang diriwayatkan oleh Muslim:

ﺗَﺴْﻤَﻊُ ﻭَﺗُﻄِﻴﻊُ ﻭَﺇِﻥْ ﺿُﺮِﺏَ ﻇَﻬْﺮُﻙَ ﻭَﺃُﺧِﺬَ ﻣَﺎﻟُﻚَ.

"Engkau wajib untuk tetap mendengar dan mentaati pemerintah, walaupun punggungmu dipukul (disiksa) dan hartamu dirampas."

Padahal di waktu yang sama dia justru berdalil dengan riwayat-riwayat yang lemah. Maka tidak diragukan lagi bahwa mereka termasuk para pengekor hawa nafsu."

Baarakallahufiikum

Sunday, 30 April 2017

banyak bicara seringnya mengakibatkan penyesalan, rek

Bismillaah

Asy-Syaikh Muhammad Bazmul hafizhahullah berkata dalam akun twitternya:

ندمت على الكلام مرات كثيرة، ولم أندم على السكوت.

"Saya telah sekian banyak menyesal akibat berbicara, dan saya belum pernah menyesal akibat diam."

Baarakallaahufiikum

Saturday, 29 April 2017

kedunguan yang paling parah, rek

Bismillaah

Asy-Syaikh Abdurrahman bin Yahya al-Mu’allimy rahimahullah berkata:

ومن شكّٙكٙتٔه الشُبهات فيما قد عٙلِمٙه يقينا يعد عند العقلاء أحمق!

"Siapa yang dibuat ragu oleh berbagai syubhat (kerancuan) pada perkara-perkara yang telah dia ketahui kebenarannya dengan yakin, maka orang seperti ini menurut orang-orang yang berakal adalah seorang yang dungu."

Haqiqatut Ta'wil, halaman 69

Baarakallahufiikum

Friday, 28 April 2017

kasih sayang seorang istri kepada suaminya, rek

Bismillaah

Istri Masruq bin al-Ajda’ (seorang tabi’in, wafat tahun 62 H -pent) berkata:

انتفخت ساقاه من طول الصلاة، والله إن كنت لأجلس خلفه فأبكي رحمةً له.

"Kedua betis suamiku pernah membengkak karena lamanya mengerjakan shalat malam, maka –demi Allah– saya pun duduk di belakangnya lalu menangis karena kasihan kepadanya."

Shahih, diriwayatkan dalam az-Zuhd karya Ibnul Mubarak, no. 31

Baarakallahufiikum

Thursday, 27 April 2017

menuntut ilmu syari’at tidak bisa dinilai dengan dunia seisinya, rek

Bismillaah

Asy-Syaikh Muqbil bin Hady rahimahullah berkata:

لو أعطيت مليونا في كل شهر على أن أترك طلب العلم ما قبلت،
بل لو أعطيت ملء هذا المسجد ذهبا لما قبلت.

"Seandainya saya diberi satu juta (sekitar 55 juta rupiah -pent) setiap bulan dengan syarat saya harus meninggalkan kesibukan menuntut ilmu, niscaya tidak akan saya terima, bahkan seandainya saya diberi emas sepenuh masjid ini, saya tetap tidak akan menerimanya."

Rihlat Da’awiyyah, halaman 128

Baarakallahufiikum

Wednesday, 26 April 2017

siapa yang suka umur panjang hendaklah menjauhi sifat dengki, rek

Bismillaah

Abdul Malik bin Kuraib Al-Ashma’iy rahimahullah pernah bercerita:

رأيتُ أعرابيا قد بلغ عُمره مئةً وعشرين سنة، فقلتُ له: ما أطولَ عُمرك؟ فقال: تركتُ الحسدَ فبقيتُ.

"Aku berjumpa dengan seorang badui yang telah berusia 120 tahun, maka aku bertanya kepadanya, "Apa resep panjangnya usiamu?" Dia menjawab, "Aku tinggalkan sifat hasad, maka akupun masih hidup."

Al-Mustathraf, halaman 279

Baarakallahufiikum

Tuesday, 25 April 2017

dua jenis manusia yang harus diwaspadai, rek

Bismillaah

Al-Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyyah rahimahullah berkata:

كان السلف يقولون: احذروا من الناس صنفين صاحب هوى قد فتنه هواه، وصاحب دنيا أعمته دنياه.

"Dahulu ulama salaf mengatakan: "Waspadailah dua jenis manusia; pengekor hawa nafsu yang telah disesatkan oleh hawa nafsunya, dan pengekor dunia yang telah dibutakan oleh dunianya."

Ighatsatul Lahafan, jilid 2 halaman 166

Baarakallahufiikum

Monday, 24 April 2017

diantara hikmah cobaan adalah untuk meraih derajat tinggi di surga, rek

Bismillaah

Al-Hafizh Ibnu Hajar rahimahullah berkata:

‏الله هيأ لعباده المؤمنين منازل في دار كرامته لا تبلغها أعمالهم، فقيض لهم أسباب الابتلاء والمحن ليصلوا إليها.

"Allah menyiapkan bagi hamba-hamba-Nya yang beriman di negeri kemuliaan-Nya kedudukan-kedudukan yang tidak bisa dicapai oleh amal-amal mereka, lalu Dia menetapkan untuk mereka sebab-sebab berupa ujian dan cobaan agar mereka bisa mencapainya."

Fathul Bary, jilid 7 halaman 433

Baarakallahufiikum

Sunday, 23 April 2017

akhlaq mulia termasuk sebab keberhasilan dakwah, rek

Bismillaah

Asy-Syaikh Rabi' bin Hady al-Madkhaly hafizhahullah berkata:

ﻋﻠﻴﻜﻢ ﺑﻜﻞ ﺍﻷﺧﻼﻕ ﺍﻟﺠﻤﻴﻠﺔ ﺍﻟﻨﺒﻴﻠﺔ ﺍﻟﺘﻲ ﺣﺚَّ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﻛﺘﺎﺏ ﺭﺑﻨﺎ ﺍﻟﻜﺮﻳﻢ ﻭﺣﺚَّ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻬﺪﻯ ﺻﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠَّﻢ، ﻓﺈﻧَّﻬﺎ ﻋﻮﺍﻣﻞ ﻧﺼﺮٍ ﻭﻋﻮﺍﻣﻞ ﻧﺠﺎﺡ.

"Hendaknya kalian berhias dengan semua akhlaq yang indah dan mulia yang dianjurkan oleh kitab Rabb kita yang mulia dan dianjurkan oleh Rasul yang membawa petunjuk shallallahu alaihi was sallam, karena sesungguhnya hal itu merupakan sebab-sebab pertolongan dan sebab-sebab keberhasilan."

An-Nashihah lis Salafiyyin fil Jazair

Baarakallahufiikum

Saturday, 22 April 2017

ilmu dan hikmah lebih besar pengaruhnya bagi keberhasilan dakwah dibandingkan senjata, rek

Bismillaah

Asy-Syaikh Rabi' bin Hady al-Madkhaly hafizhahullah berkata:

ﻭﺍﻟﺼَّﺤﺎﺑﺔ ﺭﺿﻮﺍﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻣﺎ ﻧﺸﺮﻭﺍ ﺍﻹﺳﻼﻡ ﻭﺩﺧﻞ ﻓﻲ ﺍﻟﻘﻠﻮﺏ ﺇﻻ ﺑﺤﻜﻤﺘﻬﻢ ﻭﻋﻠﻤﻬﻢ ﺃﻛﺜﺮ ﻣﻦ ﺍﻟﺴﻴﻮﻑ، ﻭﺍﻟﺬﻱ ﻳﺪﺧﻞ ﻓﻲ ﺍﻹﺳﻼﻡ ﺗﺤﺖ ﺍﻟﺴﻴﻒ ﻗﺪ ﻻ ﻳﺜﺒﺖ! ﻭﺍﻟﺬﻱ ﻳﺪﺧﻞ ﺍﻹﺳﻼﻡ –ﻳﺪﺧﻠﻪ ﻋﻦ ﻃﺮﻳﻖ ﺍﻟﻌﻠﻢ ﻭﺍﻟﺤﺠﺔ ﻭﺍﻟﺒﺮﻫﺎﻥ– ﻫﺬﺍ ﺍﻟﺬﻱ ﻳﺜﺒﺖ ﺇﻳﻤﺎﻧﻪ.

"Para shahabat –ridhwanullahi alaihim– tidaklah menjadikan Islam tersebar dan tidaklah Islam masuk (diterima) ke dalam hati-hati manusia kecuali karena cara mereka yang hikmah dan karena ilmu mereka, yang mana itu lebih besar pengaruhnya dibandingkan dengan pedang, dan orang yang masuk Islam di bawah pedang (dipaksa) seringnya tidak kokoh imannya, sedangkan seseorang yang masuk Islam –yang masuk melalui jalan ilmu, hujjah, dan dalil– yang seperti ini yang akan kokoh imannya."

An-Nashihah lis Salafiyyin fil Jazair

Baarakallahufiikum