Sunday, 22 October 2017

tentang anak kecil yang ngomongnya ke mana-mana, rek

Bismillaah
Sh: "Ayah, Shofi pengen ke gunung!"
S: "Ayuk, Sabtu ke Taman Safari yuk! Di Puncak"
Sh: "Ngapain ke Puncak?"
S: "Lihat singa, harimau"
Sh: "Ohh.....gak mau ah! Shofi gak mau lihat harimau. Kan kemarin rumahnya Faza kemasukan tikus"

Nah nih bocah, ngomong awalnya ke mana, akhirnya ke mana. Kalo SPMB jawabannya B nih. Pernyataan I benar, pernyataan II benar, tapi tidak berhubungan. Hehehe.

Baarakallahufiikum

Friday, 20 October 2017

tentang cara terbaik menghadapi celaan orang lain, rek

Bismillaah

di zaman sekarang ini, banyak orang gampang mencela yang lain. Well, ada pendapat menarik tentang cara terbaik menghadapi celaan...

Syabib bin Syaibah rahimahullah berkata:

من سمع كلمة يكرهها فسكت عنها انقطع عنه ما يكره، فإن أجاب عنها سمع أكثر مما يكره.

"Siapa yang mendengar sebuah ucapan yang dia benci lalu diam tidak membalas, terputuslah darinya apa yang dia benci tersebut, namun jika dia membalasnya maka dia akan mendengar lebih banyak lagi hal-hal yang dia benci."

Uyunul Akhbar, jilid 1 halaman 400

Baarakallahufiikum

Wednesday, 18 October 2017

tentang tikus yang kelaparan, rek

Bismillaah
Kantor saya banyak tikusnya, period
semenjak bagian umum menyatakan perang dengan tikus, sekarang tikus" seperti kehilangan ruang gerak. Semua makanan yang biasanya ditaruh di meja, sekarang diumpetin di rak kaca. Akibatnya, mereka menjadi kelaparan dan sepertinya segala barang menjadi sasaran tembak.

yang saya gak nyangka, sasaran tembak dia kali ini adalah kaktus saya.

iya. Kamu gak salah dengar.
Kaktus

pagi ini, kaktus saya sudah habis dimakan tikus kelaparan. Entah apakah dia setelah itu mengalami sakit perut atau tidak, saya cuman bisa bilang, "Nikmatilah, kus"!!!"
والناس إذا لم يجدوا عيباً لأحد وغلبهم الحسد عليه وعداوتهم له، أحدثوا له عُيوباً.
"Manusia jika tidak menjumpai aib pada seseorang ketika kedengkian dan permusuhan terhadapnya menguasai mereka, maka mereka akan mengada-ngadakan aib yang mereka tuduhkan secara dusta terhadapnya."
-Al-Qadhy Abu Bakr Ibnul 'Araby rahimahullah-
Baarakallahufiikum

Monday, 16 October 2017

tentang manusia yang menghinakan allah, rek

​Bismillaah. Faedah dari al Ustadz Abu Mas'ud Jarot hafidzahullaah

Beliau membawakan perkataan Wuhaib bin Al Ward rahimahullah yang berkata, "Hati"lah, jangan sampai Allah menjadi yang paling hina di antara orang" yang melihatmu."

Wallahi, Allah menjadi terhina?

Maksudnya, jika kita bersama manusia, kita menampilkan akhlak terbaik. Tapi, jika kita sendiri, hanya Allah yang tahu, kita justru terbuai dosa.

Kita baik saat bersama manusia dan berbuat jelek saat sendirian, seolah" manusia lebih kita takuti dan muliakan dibandingkan Allah

Baarakallahufiikum

Saturday, 14 October 2017

tentang memiliki anak dengan bayi tabung, rek

Bismillaah

Pertanyaan:

ما حكم التلقيح الصناعي - طفل الأنابيب - وهو أخذ ماء الرجل، فيوضع في رحم المرأة عن طريق أنابيب بواسطة طبيب أو طبيبة؟

Apa hukum pembuahan buatan -sistem bayi tabung- yaitu mengambil mani seorang pria lalu diletakkan ke dalam rahim seorang wanita melalui metode tabung, yang dilakukan oleh dokter laki-laki atau dokter wanita?
Jawaban:

التلقيح الصناعي يقال : إنه يؤخذ ماء الرجل ويوضع في رحم المرأة عن طريق أنابيب ( إبرة ) وهذه المسألة خطيرة جداً

Pembuahan buatan yang dikatakan; Diambil air mani seorang pria, lalu diletakkan dalam rahim seorang wanita melalui metode tabung (suntikan) ini adalah perkara yang sangat berbahaya.

ومن الذي يأمن الطبيب أن يلقي نطفة في رحم زوجة أخرى؟ ولهذا نرى سد الباب، ولا نفتي به إلا في قضية معينة بحيث نعرف الرجل والمرأة والطبيب

Siapa yang merasa aman, kalau sang dokter itu meletakkan air maninya ke dalam rahim istri (wanita) lain?

Oleh karena itu kami memandang; Untuk menutup pintu-pintu kejelekan, kami tidak berfatwa bolehnya (bayi tabung), kecuali pada kasus tertentu, yang mana kita betul-betul tahu, siapa sang laki-laki, siapa perempuannya dan siapa dokternya.

وأما فتح الباب، فيخشى منه الشر. وليست المسألة هينة؛ لأنه لو حصل فيها غش، لزم إدخال نسب في نسب، وصارت الفوضى في الأنساب، وهذا مما يحرمه الشرع

Adapun membuka pintu ini, maka akan dikawatirkan terjadi kejelekkan, ini bukan masalah sepele. Karena kalau disana terjadi kecurangan, hal itu mengharuskan memasukan nasab seorang kepada nasab (lainnya) maka terjadilah kekacauan dalam nasab. Dan ini termasuk perkara yang dilarang syariat.

Oleh karena itu Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:

"لا توطأ ذات حمل حتى تضع"

"Seorang wanita hamil tidak boleh dinikahi sampai dia melahirkan."

فأنا لا أفتي في ذلك، اللهم إلاّ أن ترد إلي قضية معينة أعرف فيها الزوج والمرأة والطبيب

Dan aku tidak berfatwa bolehnya bayi tabung. Allahumma kecuali jika ada kasus tertentu, saya tahu siapa suaminya, siapa isterinya dan dokternya (amanah).

Baarakallahufiikum

Thursday, 12 October 2017

tentang indahnya memiliki anak-anak perempuan, rek

Bismillaah

Dikatakan dalam sebuah perumpamaan tentang anak perempuan: "Seorang lelaki tetap dianggap mandul hingga dia dikaruniai anak-anak perempuan meskipun dia sudah memiliki seratus anak lelaki."

Zaki Mubarak (seorang penyair dari Mesir, wafat tahun 1952) berkata:

"Manakala aku sakit, maka hanya Karimah (anak perempuannya) yang selalu bertanya tentang keadaanku, sementara anak-anak lelakiku tidak pernah bertanya."

Dalam diri anak perempuan terdapat kelembutan, tidak ada yang mengetahuinya kecuali bagi orang yang memiliki anak perempuan.

Sebagian bangsa Arab di masa jahiliyah mengucapkan selamat atas kelahiran anak perempuan dengan berkata:
هنيئا لك النافجة.."
"Selamat ,engkau mendapatkan Nafijah!"
(Nafijah adalah tempat minyak kesturi,atau pula awan yang mengandung banyak air hujan).

Ya'qub bin Bukhtan berkata:
"Aku dikaruniai tujuh orang anak perempuan, maka setiap kali aku dikaruniai anak perempuan, aku mendatangi Al Imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah, maka beliau berkata kepadaku:

"Wahai Abu Yusuf! Para nabi merupakan ayah-ayah dari anak-anak perempuan."

Maka ucapan itu menghilangkan kegundahanku.

Dikatakan pula: "Anak-anak lelaki adalah kenikmatan dan anak-anak perempuan adalah kebaikan.Allah Ta'ala menghisab sebuah kenikmatan dan memberi pahala atas kebaikan."

Seorang penyair berkata:
إن البنات ذخائرٌ من رحمةٍ
وكنوزُ حبِّ صادقٍ و وفاءِ
"Sesungguhnya anak perempuan merupakan
simpanan kasih sayang dan harta karun dari kecintaan yang menyertai dan kesetiaan yang murni."

Maka anak perempuan merupakan perhiasan, penghibur, dan penghantar kebahagiaan bagi setiap orang yang berbuat baik kepadanya.

Wallahu a'lam.

****

‎قيل في البنات؛- لا يزال الرجل عقيمًا من الذراري؛ حتى يوهب البنات، وإن كان له مئة من الأبناء..

- ويقول زكي مبارك: حين أمرض تكون كريمة (ابنته) هي التي تسأل عني وأبنائي لا يسألون!!

وفي البنات رفق لا يعرفه إلا من عنده بنات..- كانت العرب في الجاهلية تهنئ بالبنت: هنيئا لك النافجة..)والنافجة: وعاء المسك.. والسحابة كثيرة المطر(.-

قال يعقوب بن بختان: وُلد لي سبع من البنات؛ فكنت كلما وُلد لي بنت دخلت على أحمد بن حنبل؛ فيقول لي: يا أبا يوسف! الأنبياء آباء البنات.. فكان قوله يُذهب همي..- وقيل: البُنوة نعمة، والبنات حسنات، والله يحاسب على النعمة، ويجازي على الحسنات.-
ويقول الشاعر:إن البنات ذخائرٌ من رحمةٍوكنوزُ حبِّ صادقٍ ووفاءِفالبنت زينة وأُنس وسعادة؛ لمن أحسن إليها.والله أعلم.

Sumber : dari tulisan Asy Syaikh Muhammad bin Umar Bazmul -hafidzahullah - di laman Facebooknya.

Baarakallahufiikum

Tuesday, 10 October 2017

tentang kematian yang tidak diidamkan, rek

Bismillaah

asy-Syaikh Shalih bin Fauzan al-Fauzan hafizhahullah berkata...

"Dan di akhir zaman, ingatlah akan hal ini, di akhir zaman banyak terjadi kematian mendadak yang datang secara tiba-tiba.
Engkau dalam kondisi sehat wal afiat, kuat, masih muda, tiba" saja engkau mati mendadak, bisa jadi dengan sebab kecelakaan mobil, atau bisa jadi karena penyakit jantung, atau dengan sebab lain yang datangnya secara tiba-tiba.

Betapa banyak kejadian semacam ini, dan kalian menyaksikan dan mendengarnya.

Maka wajib bagi kita untuk memperbanyak taubat dan istighfar, dan janganlah kita melupakan negeri akherat, janganlah melupakan kematian, janganlah melupakan hari hisab (perhitungan amal), kemudian di hari kiamat akan ada timbangan yang padanya akan ditimbang amalan-amalan.

فَمَنْ ثَقُلَتْ مَوَازِيْنُهٗ

"Barang siapa berat timbangannya"

Yakni dengan amal-amal kebaikan.

فَاُولٰٓئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ

"Maka mereka itulah orang-orang yang beruntung."

وَمَنْ خَفَّتْ مَوَازِيْنُهٗ

"Dan barang siapa ringan timbangannya"

Yang amal-amal buruknya mengungguli amal kebaikannya

فَاُولٰٓئِكَ الَّذِيْنَ خَسِرُوْۤا اَنْفُسَهُمْ فِيْ جَهَـنَّمَ خٰلِدُوْنَ

"Maka mereka itulah orang-orang yang merugikan dirinya sendiri, mereka kekal di dalam Neraka Jahanam." (QS. Al-Mu'minun 23: Ayat 102-103)

Maka mereka itulah orang-orang yang merugikan dirinya sendiri. Bukan merugikan harta-harta mereka, melainkan merugikan diri-diri mereka sendiri, balasan mereka dalam neraka Jahannam, di Jahannam apakah hanya sehari dua hari ?, tidak, melainkan selama-lamanya, kekal selama-lamanya. Laa haula wa laa quwwata illa billaah.."

Baarakallahufiikum

Sunday, 8 October 2017

tentang seorang anak yang sedang belajar, rek

Bismillaah
Malam itu saya sampai rumah jam setengah 10 malam.

alhamdulillah rumah terlihat rapi. Cucian saya sudah dilipat semua oleh istri saya. Sampah" sudah disapu ke halaman, menunggu saya untuk ditaruh di kresek untuk selanjutnya dibuang ke tempat sampah (which is memang tugas saya sejak awal menikah). Mainan" anak" juga sudah rapi, berada di tempatnya yang seharusnya. Piring" kotor juga sudah dicuci. Wah pokoknya suasana idaman banget deh.

tapi yang bikin saya deg"an malam itu bukan suasana rumah yang rapi (maaf ya sayang) tapi suara Shafiyyah lagi ngaji dari dalam kamar.

dan benar juga. Begitu saya masuk kamar, Shafiyyah lagi pegang mushaf dan melafalkan Al Ma'un dibantu istri saya yang lagi nyusuin Hanzhalah. Aduh adem banget deh ngeliatnya. Mana Shafiyyah senyam-senyum lagi, "ngaji tauk, ayah!"

*peluk cium ayah buat Shafiyyah*
كما أن تقوى الله مجلبة للرزق، فترك التقوى مجلبة للفقر، فما استجلب رزق الله بمثل ترك المعاصي.
"Sebagaimana taqwa menghasilkan rezeki, maka meninggalkan taqwa menghasilkan kemiskinan. Jadi tidak ada cara yang lebih baik untuk meraih rezeki dari Allah dibandingkan dengan meninggalkan kemaksiatan."
-Ibnul Qoyyim rahimahullah-
Baarakallahufiikum

Friday, 6 October 2017

tentang twitter dan apa yang ada di dalamnya, rek

Bismillaah
saya termasuk labil menggunakan twitter
saya pernah menggunakannya di tahun 2009 lalu saya deactivate di tahun 2011. Lalu di tahun 2013, ketika saya masuk D4 saya menggunakannya lagi. Sekedar untuk tahu berita" paling update dari ranah dunia maya.

...
sampai dengan kemarin, ketika ada salah satu teman saya yang menge-like (saya yakin tidak sengaja karena teman saya tidak serusuh itu) salah satu akun porno di twitter. Di sana saya merasa bahwa twitter bukan tempat yang aman bagi saya. Lha gimana, iman saya saja masih naik turun gini sedangkan twitter yang notabene media sosial yang sering saya buka menyuguhkan hal-hal kotor seperti itu...

iya kalian benar. Saya masih senaif itu pada awalnya. Saya tidak menyangka akun" porno sudah mempenetrasi twitter sedemikian rupa...Menjijikkan dan mengerikan bagi orang yang memiliki anak seperti saya...

sudah lah, untuk sementara saya uninstall dulu twitternya.

Entah untuk berapa lama kali ini...
فإن نسيان القرآن من الذنوب.
"Sesungguhnya lupa terhadap hafalan al-Qur'an termasuk akibat dosa-dosa."
-Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah-
Baarakallahufiikum

Wednesday, 4 October 2017

tentang de ranch puncak, rek

Bismillaah
well, hari Ahad kemarin, tidak ada angin, tidak ada hujan, tiba" istri saya bilang, "Mas, ke Puncak yuk!" Saya mah ayuk aja. Belum ada pemberitahuan ta'lim ini

di tengah perjalanan barulah saya tanya, "Kita ke mau ke mana sih?"
istri saya lalu bilang, "Ke de Ranch aja. Katanya sih bagus. Suasana Bandung gitu"

alhamdulillah ya, lokasi de Ranch gak jauh" banget. Cuman di Megamendung. Gak sampe Cisarua. Tapi walau begitu, Shafiyyah tetep tidur dalam perjalanan. Alhamdulillah sudah dipakein gendongan. Jadi saya bisa fokus nyetir motor

sesampainya di sana, sudah banyak pengunjung yang datang (ya iyalah, sampenya aja jam setengah 10. Bertepatan dengan jam buka untuk naik ke Puncak). Tiket masuknya standar, 20 ribu per kepala. Sudah gratis minum susu segar. Parkir motor 3 ribu. Wahana yang ada bervariasi. Mulai dari panahan, sahabat kelinci, naik kuda, perah susu, ngasih makan biri", sampe waterball.

secara umum, de Ranch itu wisata yang instagrammable. Yang dia jual kebanyakan objek foto. Terbukti, pengunjungnya kebanyakan pasangan yang-satu-wanita-dan-yang-satu-fotografernya. Saya sih lebih milih wisata ke Kebun Teh ya. Lesehan di bawah pohon sambil makan cilok. Udaranya lebih dingin lagi dari de Ranch.

alasan saya gak merekomendasikan de Ranch yaa simpel aja sih. Di sana jarang banget tempat duduknya. Lagian, bagi kami harga makanannya terlalu mahal. Lalu, kayaknya de Ranch ini baru buka gitu ya. Soalnya pohon"nya kayak baru ditanam gitu. Masih jarang" daunnya. Mungkin setahun/dua tahun ke depan boleh mampir ke sini lagi pas pohon"nya sudah rimbun.

kesan anak kami? Wah, Shafiyyah dan Hanzhalah sih seneng banget ya ngasih makan kelinci. Tapi daripada jauh" ke sini ngasih makan kelinci dengan harga 25 ribu, kami lebih milih ngasih makan rusa dari balik pagar Kebun Raya Bogor sih. Lebih ekonomis alias gratis. Hehehe

الخير الذي لا شر فيه: الشكر مع العافية، فكم من منعم عليه غير شاكر، وكم من مبتلى غير صابر.
"Kebaikan yang tidak ada keburukan padanya: bersyukur disertai keselamatan lahir dan bathin, karena berapa banyak seseorang yang diberi kenikmatan tidak bersyukur, dan berapa banyak orang yang ditimpa ujian tidak bersabar."
-Aun bin Abdullah rahimahullah-
Baarakallahufiikum

Monday, 2 October 2017

tentang krl dan segala musibah yang menimpanya, rek

Bismillaah
Tiga hari ini merupakan musibah dan ujian kesabaran bagi pengguna KRL

dimulai dari hari Sabtu, ketika ada pergantian sinyal blok di Stasiun Manggarai dan Stasiun Jatinegara
lalu di hari Ahad, entah masalahnya apa, yang pasti ada ratusan komplain masuk ke akun commuterline
lalu di hari Senin ini, entah masalahnya apa lagi. Yang pasti banyak orang terlambat kerja pagi ini

kalo kayak gini saya jadi ingat kasusnya Umar bin Khattab radhiyallahu anhu berikut:

Ketika sandal Umar bin al-Khaththab radhiyallahu anhu terputus, beliau mengatakan, "Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un." 
Maka orang-orang bertanya, "Apakah Anda mengatakan karena sandal Anda?" 
Lalu beliau menjawab:
‏نعم، كل شيء أصاب المؤمن يكرهه فهو مصيبة.
"Ya, semua yang menimpa seorang mu'min yang tidak dia sukai adalah musibah."
Hasan, diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah, no. 27185
Baarakallahufiikum

Saturday, 30 September 2017

tentang hari asyura, rek

Bismillaah
iya...iya...harusnya gambar ini diposting kemaren....

Baarakallahufiikum

Thursday, 28 September 2017

tentang jakarta yang mulai hujan, rek

Bismillaah
Alhamdulillah Jakarta sudah mulai disambut musim penghujan. Semoga musim penghujan ini membawa berkah ya buat Jakarta.

Hari ini, ketika saya tiba di Stasiun Juanda, masih banyak commuters yang tidak bisa beranjak keluar dari stasiun karena tidak membawa payung dan jas hujan. Semoga mereka yang maksa ke kantor berhujan-hujan naik ojek gak sakit yah. Well, ini ada tips dari situs ini cara menjaga kesehatan di musim hujan:

1. Konsumsi Vitamin

Saat pergantian musim dari musim kemarau menuju musim penghujan tubuh biasanya akan tidak secara langsung menyesuaikan kondisinya, melainkan melalui sebuah proses terlebih dahulu. Proses inilah yang biasanya mempengaruhi system imun atau kekebalan tubuh manusia menjadi lebih lemah. Saat sistem kekebalan tubuh menurun, maka penyakit akan lebih rentan menyerang. Untuk itulah konsumsi vitamin amat dibutuhkan untuk menjaga kestabilan system imun. Oleh sebab itu, konsumsi vitamin terutama vitamin C amat dianjurkan. Kandungan vitamin C ini bisa juga anda peroleh secara alami dari kandungan buah-buahan seperti buah jeruk, buah strawberry dan masih banyak lagi. Mengkonsumsi vitamin C secara rutin akan memastikan kebutuhan vitamin C dalam tubuh terpenuhi, yang pada akhirnya akan membantu anda meningkatkan fungsi sistem imun dalam tubuh.

2. Pastikan untuk Selalu ‘Higienis’ Setiap Hari

Saat musim penghujan kuman dan bakteri akan berkembang biak lebih leluasa karena kelembapan yang begitu tinggi. Untuk itulah, mengapa tubuh akan lebih rentan terhadap gangguan tubuh. Selain itu, tangan adalah media paling umum masuknya kuman dan bakteri kedalam tubuh, secara tidak sadar anda akan lebih banyak memasukan kuman dan bakteri kedalam tubuh melalu tangan seperti makan menggunakan tangan, menyentuh organ tubuh lain mngguankaan tangan dan lain sebagainya. Untuk itu, pastikan anda untuk selalu higienis setiap hari dengan cara selalu membiasakan mencuci tangan setiap kali anda baru tiba dirumah, setiap kali menyentuh barang atau objek, sebelum dan sesudah makan dan setiap kali setelah menyentuh toilet. Karena tahukan anda toilet adalah salah satu tempat dengan sumber bakteri terbanyak. Mencuci tangan dengan air saja tidak cukuo membuat kuman dan bakteri ditangan menghilang, untu itu, cucilah tangan dengan menggunakan sabun disinfektan agar bakteri yang bersarang ditangan bisa dirontokan.

3. Kenakan Pakaian Yang Tebal dan Hangat

Pakaian juga akan mempengaruhi kesehatan anda dimusim penghujan. Baju tipis dan transparan kurang cocok dikenakan saat musim ini, terutama jika aktifitas yang anda lakukan lebih banyak diluar ruangan. Untuk itu, ada baiknya beralihlah pada pakaian yang lebih tertutup, tebal serta terasa hangat untuk tubuh anda. Pakaian dengan model seperti ini tentunya akan menjaga anda dari udara dingin saat musim penghujan.
«من علامات العِلْم النافع؛ أنه يدل صاحبه عَلَى الهرب من الدُّنْيَا، وأعظمها الرياسة والشهرة والمدح. وإن صاحب العِلْم النافع لا يدعي العِلْم ولا يفخر به عَلَى أحد، ولا ينسب غيره إِلَى الجهل إلا من خالف السنة وأهلها»
"Diantara tanda ilmu yang bermanfaat adalah membimbing pemiliknya untuk lari meninggalkan dunia, dan yang terbesar adalah kepemimpinan, ketenaran, dan pujian. Dan sungguh orang yang memiliki ilmu yang bermanfaat tidak akan mengaku memiliki ilmu, tidak membanggakannya kepada siapapun, dan tidak akan menganggap orang lain bodoh, kecuali terhadap orang yang menyelisihi Sunnah Nabi dan orang-orang yang berpegang teguh dengannya."
-Al-Imam Ibnu Rajab al-Hanbaly rahimahullah-
Baarakallahufiikum

Sunday, 24 September 2017

Friday, 22 September 2017

Wednesday, 20 September 2017

tentang first travel dan keberuntungan bapak, rek

Bismillaah
saya turut bersimpati dengan korban first travel. Sungguh. Menurut saya, bagi banyak orang rasa"nya, 15 juta itu banyak banget. Lalu, mengetahui bahwa uang sebanyak itu digunakan oleh seseorang untuk berfoya-foya itu pedih. Pedih banget.

jadi, kira-kira 2 tahun sebelum tragedi first travel terkuak di tengah publik, ibu saya berinisiatif untuk umroh dengan bapak dan adek saya. Mumpung murah ini. 13 jutaan kali itu. Bapak yang alhamdulillah 2 tahun sebelum beliau meninggal, shalatnya mulai rajin, tidak tampak senang, juga tidak tampak sedih, dengan ide umroh ini. Expressionless, seperti biasa.

Singkat cerita, uang telah disetor, dan tinggal menunggu panggilan. Sekitar bulan Februari, akhirnya mereka dipanggil. Tapi tunggu dulu, ternyata mereka dipanggil ke Jakarta doang. Sesampainya di Jakarta, mereka diinepkan di hotel deket bandara tanpa ada kepastian kapan berangkat. Kan ngehe ya. Tapi, saat itu gak ada tuh kecemasan gagal berangkat. Semuanya hepi" aja. Saat kami berkunjung ke hotel, yang ada juga rasa excite karena akan berangkat ke Tanah Suci. Setelah menunggu sekitar 5 hari di hotel, akhirnya hari keberangkatan tiba. Berangkat umrohlah Bapak (dan ibu dan adek) saya.

tak dinyana dan tak diduga, rupanya umroh itu sepertinya kado dari Allah untuk Bapak.
Kado agar Bapak semakin dekat dengan Allah.
Kado agar Bapak makin rajin beribadah.
Kado agar Bapak makin rajin sosialisasi dengan teman" pensiunnya

....karena setelah itu Bapak meninggal dengan tenang, Juni 2017...

sekali lagi, saya berempati dengan korban first travel. Yang mau saya sampaikan di sini, ternyata ada lho orang yang ditakdirkan untuk berangkat di tengah" gonjang-ganjing first travel (yang kala itu belum muncul) yang akibatnya sungguh luar biasa bagi person tersebut.

Iya. Bapak saya itu. Orang biasa saja yang ketika dishalatkan, shafnya sampai 10 baris. Padahal itu hari Senin. Di waktu Dhuhur pula. MaasyaAllah

semoga kalian yang gagal berangkat semakin diteguhkan kesabarannya dan makin dikokohkan keimanannya yah...
متى كنت متقيًا لله فثق أن الله سيجعل لك مخرجا من كل ضيق.
"Kapan saja engkau bertakwa kepada Allah, maka percayalah bahwa Allah akan menjadikan untukmu jalan keluar dari semua kesulitan."
-Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin-
Baarakallahufiikum

Monday, 18 September 2017

tentang mestakung dan apa yang saya yakini, rek

Bismillaah
kita semua pasti pernah dengar istilah mestakung. Singkatan dari semesta mendukung. Artinya, jika kita menginginkan sesuatu dan kita merasa semua hal di sekeliling kita ikut mendukung kita meraih sesuatu tersebut, bisa dipastikan kita akan meraih sesuatu tersebut.

tapi ternyata itu hal yang salah

salah satu faedah dari taklim hari Ahad kemarin, membahas hadits ke-19 dari kitab Arbain an Nawawi, adalah jika seluruh umat berkumpul untuk memberikan manfaat atau mudharat kepada kita, jika tidak ditakdirkan Allah, maka manfaat dan mudharat dari mereka TIDAK AKAN TERJADI...

mari sejenak kita mengulang dan meyakini kembali iman kepada takdir...

...karena sesungguhnya pena telah diangkat dan lembaran-lembaran telah kering...

berikut hadits selengkapnya dari situs ini:
عَنْ أَبِي الْعَبَّاسِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ : كُنْتُ خَلْفَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْماً، فَقَالَ : يَا غُلاَمُ إِنِّي أُعَلِّمُكَ كَلِمَاتٍ: اْحْفَظِ اللهَ يَحْفَظْكَ، احْفَظِ اللهَ تَجِدْهُ تُجَاهَكَ، إِذَا سَأَلْتَ فَاسْأَلِ اللهَ وَإِذَا اسْتَعَنْتَ فَاسْتَعِنْ بِاللهِ، وَاعْلَمْ أَنَّ اْلأُمَّةَ لَوْ اجْتَمَعَتْ عَلَى أَنْ  يَنْفَعُوْكَ بِشَيْءٍ لَمْ يَنْفَعُوْكَ إِلاَّ بِشَيْءٍ قَدْ كَتَبَهُ اللهُ لَكَ، وَإِنِ اجْتَمَعُوا عَلَى أَنْ يَضُرُّوْكَ بِشَيْءٍ لَمْ يَضُرُّوْكَ إِلاَّ بِشَيْءٍ قَدْ كَتَبَهُ اللهُ عَلَيْكَ، رُفِعَتِ اْلأَقْلاَمُ وَجَفَّتِ الصُّحُفِ
[رواه الترمذي وقال : حديث حسن صحيح وفي رواية غير الترمذي: احْفَظِ اللهَ تَجِدْهُ أَمَامَكَ، تَعَرَّفْ إِلَى اللهِ فِي الرَّخَاءِ يَعْرِفْكَ فِي الشِّدَّةِ، وَاعْلَمْ أَنَّ مَا أَخْطَأَكَ لَمْ يَكُنْ لِيُصِيْبَكَ، وَمَا أَصَابَكَ لَمْ يَكُنْ لِيُخْطِئَكَ، وَاعْلَمْ أَنَّ النَّصْرَ مَعَ الصَّبْرِ، وَأَنَّ الْفَرَجَ مَعَ الْكَرْبِ وَأَنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْراً].

Terjemah hadits / ترجمة الحديث :
Dari Abu Al Abbas Abdullah bin Abbas radhiallahuanhuma, beliau berkata : Suatu saat saya berada dibelakang Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam, maka beliau bersabda : Wahai ananda, saya akan mengajarkan kepadamu beberapa perkara: Jagalah Allah, niscaya dia akan menjagamu, Jagalah Allah niscaya Dia akan selalu berada dihadapanmu. Jika kamu meminta, mintalah kepada Allah, jika kamu memohon pertolongan, mohonlah pertolongan kepada Allah. Ketahuilah sesungguhnya jika sebuah umat berkumpul untuk mendatangkan manfaat kepadamu atas sesuatu, mereka tidak akan dapat memberikan manfaat sedikitpun kecuali apa yang telah Allah tetapkan bagimu, dan jika mereka berkumpul untuk mencelakakanmu atas sesuatu, niscaya mereka tidak akan mencelakakanmu kecuali kecelakaan yang telah Allah tetapkan bagimu. Pena telah diangkat dan lembaran telah kering.
(Riwayat Turmuzi dan dia berkata : Haditsnya hasan shahih). Dalam sebuah riwayat selain Turmuzi dikatakan : Jagalah Allah, niscaya engkau akan mendapatkan-Nya didepanmu. Kenalilah Allah di waktu senggang niscaya Dia akan mengenalmu di waktu susah. Ketahuilah bahwa apa yang ditetapkan luput darimu tidaklah akan menimpamu dan apa yang  ditetapkan akan menimpamu tidak akan luput darimu, ketahuilah bahwa kemenangan bersama kesabaran dan kemudahan bersama kesulitan dan kesulitan bersama kemudahan).
Baarakallahufiikum

Saturday, 16 September 2017

pake heels lalu naik krl, rek

Bismillaah
selalu menarik melihat tingkah polah kaum urban Jabodetabek ketika menggunakan moda transportasi KRL. Salah satunya adalah ketika saya pernah ngeliat salah satu wanita, kemungkinan besar berangkat kerja karena kejadiannya di pagi hari, make sepatu heels di KRL.

Hellowww??
Pake heels di KRL?
Kok tahan ya berdiri lama pake heels? Apa kakinya gak pegel tuh?

Maksudnya gini lho, di KRL kan kecil kemungkinan seorang wanita berdiri ya (kecuali wanita itu bawa anak, hamil, tua renta, atau mengalami kelainan fisik, maka dipastikan mereka bakal dikasih duduk) kok ya maksain banget gitu make heels dalam kereta...

yaa tapi sebagai orang yang beradab, kita wajib mengedepankan baik sangka dalam segala hal. Bukan begitu?
Mungkin saja dia baru pertama kali naik KRL jadi gak siap dengan berdirinya yang lama.
Atau sebenarnya dia sudah menyiapkan flat shoes tapi ketinggalan di rumah.
Atau mungkin dia sudah terbiasa pake heels jadi kalo pake flat shoes kakinya malah sakit.

Hehehe
Overall, menurut situs ini, ada beberapa bahaya ketika keseringan memakai heels. Berikut ulasannya

1. Bunions
Penyakit ini merupakan pertumbuhan tulang yang di sekitar pangkal jempol kaki. Akibatnya, dapat membuat jempol kaki bengkok dan mengarah ke jari-jari kaki lainnya hingga menimbulkan rasa nyeri.

2. Corns
Terjadi penebalan kulit kaki yang disebabkan gesekan berulang terhadap sepatu. Selain dapat terasa menyakitkan dari waktu ke waktu, corns sering terjadi bersamaan dengan bunions.

3. Hammer toe
Suatu kondisi di mana ujung jari kaki, biasanya jari kedua, dipaksa turun oleh sepatu yang dapat mengakibatkan deformitas. Hal ini hanya bisa diperbaiki dengan bantuan peralatan medis tertentu atau operasi.

4.  Morton's neuroma
Terjadi cedera pada saraf di pertengahan kaki. Morton's neuroma akan menyebabkan jaringan di sekitar daerah itu menebal, rasa sakit, dan mati rasa. Pembedahan kadang-kadang diperlukan untuk menghilangkan jaringan, hingga meringankan beban penderita.

5. Pump bump
Secara teknis, pump bump disebut Haglund's deformity. Pump bump adalah pertumbuhan tulang yang terjadi pada tumit. Biasanya diakibatkan oleh tekanan konstan dan gesekan punggung kaku serta tali sepatu hak tinggi. Satu-satunya cara untuk mengobati kelainan ini adalah operasi, hingga menghilangkan tulang yang berlebih.

6. Metatarsalgia
Ini adalah jenis peradangan yang menyakitkan. Biasanya terjadi pada bola mata kaki sebagai akibat dari tekanan berulang pada tulang metatarsal, yang merupakan tulang di antara jari-jari kaki dan lengkungan kaki.

jadi kaum wanita, tinggallah di rumah saja. Kalaupun terpaksa harus keluar rumah, mending pake flat shoes aja deh. OK
الهدوء في مواقع الفتن خير من التمادي، والسكوت خير من النطق، وكل ما كان الإنسان أحفظ للسانه كان أسلم لدينه.
"Sikap tenang di masa-masa fitnah (kekacauan) lebih baik dibandingkan ikut nimbrung, dan diam lebih baik dibandingkan bicara, dan seseorang semakin menjaga lisannya maka hal itu akan lebih membawa keselamatan bagi agamanya."
-Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah-
Baarakallahufiikum

Thursday, 14 September 2017

new little companion, rek

Bismillaah
Orang bilang konsistensi menulis itu susah. Ya emang bener sih. Ide memang gak sering datang setiap saat. Jadi, untuk mengejar target satu postingan setiap dua hari, saya posting yang receh" aja lah ya. Wakakaka

so apparently, saya baru saja dapat hadiah kaktus hasil berkunjung dari Treasury Festival kemarin. Sebenarnya agak trauma juga sih miara kaktus secara dulu pas smp miara kaktus, eh malah kaktusnya layu. Ternyata setelah ditelusuri, saya keseringan ngasih air. Hahaha

kali ini gak boleh gagal lagi. Setelah browsing" masalah perkaktusan, saya dapat tips merawat kaktus dari situs ini. Here goes:

1. Kenali sifat kaktus
Pertama, Anda harus tahu seperti apa sifat kaktus. Kaktus menyukai sinar matahari begitulah dengan habitat aslinya di gurun pasir yang panas dan memiliki sirkulasi udara baik. Kaktus tidak suka keadaan tempat yang terlalu lembap, karena daging kaktus itu tebal. Jika terlalu diberi banyak air akan  cepat membusuk dan mati.
 
2. Perhatikan cara menanannya
Ketika akan menanam kaktus, ada dua hal yang harus diperhatikan dengan baik; bibit dan cara menanam. Bibit kaktus dapat melalui biji atau dari anakan sendiri. Anda dapat menemukannya di toko tanaman hias. Sedangkan mengenai cara menanamnya, tanaman ini bisa ditanam ke dalam pot atau di tanah langsung.
   
3. Hindari dari udara lembab
Jika kita menaruhnya di dalam ruangan, dalam 3 hari sekali kaktus harus diangin-anginkan supaya tidak lembap dan tidak mati.
   
4. Jangan menaruhnya pada sinar matahari langsung
Jangan menaruhnya dan membiarkan ke sinar matahari langsung. Karena jika dibiarkan terlalu lama, ujung kaktus akan berubah warna karena terbakar.
   
5. Perhatikan wadahnya
Selanjutnya adalah wadah atau pot untuk kaktus. Wadah yang digunakan bisa yang besar ataupun kecil. Sesuaikan saja dengan ukuran kaktusnya.
   
6. Perhatikan cara penyiramannya
Menyiram kaktus tidak sama dengan tanaman biasa yang lain. Menyiramnya hanya disemprot saja dengan menggunakan botol spray khusus supaya kaktusnya tidak terlalu lembab. Lakukan penyiramannya pada pagi / sore hari.
 
7. Berikan pupuk secara rutin
Cara merawat kaktus yang paling baik adalah dengan memberinya pupuk secara rutin. Kaktus juga harus diberi pupuk agar tanamannya berkembang dengan baik seperti tanaman-tanaman yang lain. Namun, pupuknya tidak sama dengan tanaman biasa lainnya. Pupuk untuk kaktus harus menggunakan pupuk organik (pupuk NPK) yang dapat anda dapatkan di toko tanaman hias. Pupuk ini diberikan ke media tanamnya.
الصلاة بين السواري جائزة عند الضيق، أما في حال السعة فلا يصلى بين السواري، لأنها تقطع الصفوف.
"Shalat diantara tiang boleh dalam keadaan sempit, adapun dalam keadaan luas maka tidak boleh shalat diantara tiang, karena hal itu memutus shaf."
-Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah-
Baarakallahufiikum

Tuesday, 12 September 2017

dilihat dan dilakukan, rek

Bismillaah
Jadi ceritanya Minggu kemarin saya lagi males nyetrika baju. So, alih" membiarkannya tergelatak berantakan di keranjang baju, mending saya lipet" aja lah ya bajunya. Seperti biasa, kalo saya lagi sibuk umek" dengan baju yang habis dijemur, Shafiyyah setia menemani. Lagi asik" ngelipet baju, ndilalah kok rasa"nya cepat sekali ya tumpukan baju berkurang. Lalu, saya menoleh ke belakang dan mendapati ini...
duh...
terharu banget gak sih. Ternyata selama ini Shafiyyah melihat dan mempelajari saya ngelipet baju. Lalu, mungkin dengan maksud ingin membantu bapaknya, dia ikut ngelipet bajunya sendiri (dan juga baju adiknya) (yaa meskipun ngelipetnya masih asal"an sih. Yang penting kan usahanya dinilai 100 to)

duh nak, begitu banyak kejutan yang muncul darimu setiap harinya...
“Seorang hamba selalu berbolak-balik antara ketetapan Allah yang berupa perintah (syariat) dan ketetapan Allah berupa takdir (yang baik dan buruk). Hamba membutuhkan -bahkan sifatnya darurat- pertolongan ketika menjalankan syariat dan membutuhkan kelembutan ketika menjalani takdir. Sejauh mana kesungguhannya dalam menjalankan perintah, maka sebesar itu pula kelembutan yang akan dia dapatkan ketika menghadapi takdir.”
-Ibnul Qayyim rahimahullah-
Baarakallahufiikum

Sunday, 10 September 2017

kepercayaan yang runtuh, rek

Bismillaah
Setiap kali saya pulang ke Surabaya, hampir bisa dipastikan bahwa Ibuk akan selalu masak buat anak lakik kesayangannya ini (gimana gak kesayangan,
anak lakiknya kan emang cuman 1. Wakakak) Tapi, kepulangan kali ini beda. Kali ini saya pulang dalam rangka ada pekerjaan bertemu dengan client di Surabaya. Alih" menginap di hotel yang disiapkan client, saya memilih tidur di rumah saja. Wong sudah pasti dimasakin ini

hari pertama, OK. Ibuk masakin saya daging"an. Makan dengan lauk iga yang super empuk pake banget. Ibuk saya sih bilangnya cuman direbus aja. Gak tau direbus berapa lama. Harusnya sih berjam-jam ya. Wong rasanya sama kayak dipresto.

hari kedua, pas pulang dari tempat client, rupanya Ibuk lupa saya ada di rumah. Mungkin karena sudah biasa saya gak ada di rumah lah ya (lha gimana, saya kan sudah merantau sejak 2007). Ibuk minta maaf dan berjanji membelikan saya nasi goreng saja malam itu. Dibelilah nasi goreng Mentik.

Nasi goreng Mentik itu nasi goreng deket rumah. Bukan restoran. Hanya kaki lima biasa. Saya sih sudah akrab dengan nasi goreng itu sejak kecil. Banyak kenangan lah. Mulai dari saya makan di sana malam Lebaran sekitar tahun 2001/2002an sampai dengan si Mentik, pemilik nasi goreng a.k.a. yang masak, yang naksir sama tante saya.

Singkat cerita, setelah makan, jam 9 malamnya saya merasakan keanehan. Perut seakan-akan ditusuk". Akhirnya saya bolak-balik pup ke kamar mandi dan puncaknya saya muntah" jam 11 malamnya. Ibuk bersikeras saya dibawa ke UGD malam itu. Saya sih gak mau soalnya jam setengah 6 pagi saya sudah harus di pesawat menuju Jakarta. Setelah muntah, perut saya sudah agak mendingan walaupun sensasi bergolak masih terasa dan saya sendiri masih susah berdiri tegak. Sakit banget lah waktu itu. Tema saat itu: teler semalaman.

lanjut, setelah diwarnai dengan drama tidur-aja-dalam-pesawat-mulai-dari-take-off-sampe-landing-sampe-sampe-gak-dikasih-kotakan-sama-pramugari hingga tidur-aja-di-damri-sampe-cibinong, akhirnya saya sampe juga di rumah. Melihat saya yang sempoyongan, istri saya pun bersikeras saya dibawa ke klinik deket rumah. Saya gak suka berdebat. Jadi, ke kliniklah kami.

Sesampainya di sana dan menjalani pemeriksaan, saya didiagnosis dengan Infeksi Saluran Pencernaan. Penyebabnya? Virus karena makan sembarangan. Ibuk saya yang bolak-balik telepon begitu tahu saya kena ISP, langsung gak mau beli di Mentik lagi. Saya sih setuju ya. Masak gara" makan sekali di sana langsung ke ISP. So, sori mas Mentik saya gak mau beli di sampeyan lagi. Kalian jaga makan ya guys

oh ya, kalian pernah sakit ISP gak?
فعليك بدوام الخشوع فيها؛ فإنها تنهى عن الفحشاء والمنكر بسبب الخشوع فيها.
"Hendaknya engkau selalu khusyuk dalam shalat, karena sesungguhnya dia akan mencegah perbuatan keji dan mungkar disebabkan khusyuk ketika mengerjakannya."
-Al-Akhdhary al-Maliky rahimahullah-
Baarakallahufiikum

Friday, 8 September 2017

how time flies, rek

Bismillaah
Jadi ceritanya salah satu teman saya di Instagram yang nikah muda, ngepost foto anaknya 3 tahun lalu saat umurnya masih 4 tahun
intinya sih, waktu berjalan begitu cepat. Dulu masih 4 tahun sekarang udah 7 tahun aja, udah sekolah SD aja, udah cantik banget aja, udah gede aja.

hal yang sama juga terjadi di kami sih. So it strucked me saat saya mandiin Shafiyyah malam itu. Sebuah kebiasaan rutin di hari Sabtu dan Minggu, di mana Ibunya beristirahat dari mandiin dan nyebokin anak". Di situlah saya merasa kalo "Lah, anak saya kok udah gede begini ya?" Rasanya baru kemarin deh, serius, saya mandiin dia di bak bayi. Rasanya juga baru kemarin saya harus pegangin badan dia saat dimandiin, soalnya kalau enggak, dia bisa kepeleset di kamar mandi. Rasanya juga baru kemarin, badannya yang mungil saya sabunin. Sekarang? Badannya udah gede. Udah gak kayak anak bayi lagi. She's a pre grown up already. Pokoknya sudah berisi lah

bener" waktu berjalan begitu cepat. Masa" jadi orangtua-yang-harus-mandiin-anaknya bagi saya pun akan berlalu habis ini. Beberapa tahun ke depan, gak ada lagi acara saya mandiin dia lagi to. "Fiyyah, mau mandi sendiri ayah!"

halah gak usah jauh" deh. Taun depan aja dia udah masuk TK. Udah harus sekolah tiap pagi. Well, definisi sekolah di sini sih cuman main" aja sih. Tapi teteup lah ya, di TK kan tetep diajarin bahasa Arab dan beberapa keilmuan lain to. Pokoknya, bagi saya, nek sudah TK itu, intine wis bukan our baby girl lagi yang bisa diuwel-uwel lagi...

...
...
...

nah kan, nah kan, udah mulai melankolis nih
berarti postingan ini harus segera diakhiri....
إن من أحب الكلام إلى الله عز وجل أن يقول العبد: ربي إني ظلمت نفسي فاغفر لي.
"Sesungguhnya termasuk ucapan yang paling dicintai oleh Allah Azza wa Jalla adalah ucapan seorang hamba: "Rabbi, sesungguhnya aku telah menzhalimi diriku sendiri, maka ampunilah aku."
-Ali bin Abi Thalib radhiyallahu anhu-
Baarakallahufiikum

Monday, 4 September 2017

makan di kedai kita, rek

Bismillaah
emang yaa gak ada yang ngalahin orang Bogor dalam hal makan di luar. Even saat hari raya iduladha yang notabene semua orang (biasanya) nyate di rumah masing". Melalui laporan pandangan mata kami (yang memutuskan jalan" hari Jumat malam kemaren), mulai dari Lemongrass, Foresthree, sampai Momomilk penuh dengan pengunjung...
well, sebenarnya niat kami saat itu cuman jalan", tapi tiba" di tengah perjalanan, saya teringat betapa crunchynya pangsit goreng di Kedai Kita (waktu itu ceritanya ditraktir sama pak bos. Yeayy!). Bukannya gimana", saya dan istri saat sama" masih jomblo, punya warung pangsit langganan di Peunayong, Banda Aceh.

warung itu punya orang China. Di atas warungnya, ada lukisan halal dalam bahasa Arab. Mungkin untuk menjaring konsumen Muslim lah ya. Saat sudah menikah dan sama" tahu kalo kita punya warung langganan yang sama, kita pun berambisi untuk mampir dan makan di sana. Sayang, saat kita berkunjung ke sana tahun 2015 lalu, pemiliknya sudah pindah ke Jakarta...

eniwei, sampailah di Kedai Kita di Pangrango. Seperti sudah bisa ditebak, ramainya luar biasa. Empet, akhirnya kita pun berpindah ke Kedai Kita di Binamarga. Alhamdulillah, dapat tempat duduk.

...
dan istri saya pun tersenyum lebar malam itu...
Shafiyyah? Jangan ditanya, lahap sekali makannya...

sok atuh boleh dicoba makan mie hotplate, pangsit goreng, dan menu andalannya pizza kayu bakar. Yummy!!
Alhamdulillaah

kalo kalian, punya tempat makan favorit gak dengan pasangan kalian?
متى يفلح من يسره ما يضره؟!
"Kapankah akan beruntung orang yang senangnya justru dengan hal-hal yang membahayakan dirinya?!"
-Al-Imam Abul Hasan Bunan bin Muhammad al-Wasithy al-Hammal rahimahullah-
Baarakallahufiikum

Saturday, 2 September 2017

pasang internet, rek

Bismillaah
Bagi saya, ngenet atau ngeblog di rumah itu merupakan salah satu kemewahan ya. Makanya kalo saya pulang ke Surabaya itu betah. Soalnya Ibu saya pasang indihome di rumah. Hahahaha. Betah di rumah. Yaa alasan pertama sih jelas karena masakan Ibu ya
makanya setelah berdiskusi dengan istri secara intensif dua bulan ini akhirnya kami mulai psang internet di rumah. Yaa itung" biar istri saya betah juga di rumah, browsing" resep baru, jatuhnya saya juga yang untung to. Hahaha

so Telkom, be nice, please....

kalo kalian, pasang internet gak di rumah?
ومن هؤلاء من يحلف بالله ويكذب؛ ويحلف بشيخه وإمامه فيصدق ولا يكذب، فيكون شيخه عنده أعظم في صدره من الله!
"Sebagian orang ada yang bersumpah dengan nama Allah dan berdusta, namun ketika dia bersumpah dengan nama gurunya dan imamnya dia berkata jujur dan tidak berdusta. Jadi gurunya menurutnya lebih agung di dalam hatinya dibandingkan dengan Allah."
-Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah-
Baarakallahufiikum