Thursday, 14 September 2017

new little companion, rek

Bismillaah
Orang bilang konsistensi menulis itu susah. Ya emang bener sih. Ide memang gak sering datang setiap saat. Jadi, untuk mengejar target satu postingan setiap dua hari, saya posting yang receh" aja lah ya. Wakakaka

so apparently, saya baru saja dapat hadiah kaktus hasil berkunjung dari Treasury Festival kemarin. Sebenarnya agak trauma juga sih miara kaktus secara dulu pas smp miara kaktus, eh malah kaktusnya layu. Ternyata setelah ditelusuri, saya keseringan ngasih air. Hahaha

kali ini gak boleh gagal lagi. Setelah browsing" masalah perkaktusan, saya dapat tips merawat kaktus dari situs ini. Here goes:

1. Kenali sifat kaktus
Pertama, Anda harus tahu seperti apa sifat kaktus. Kaktus menyukai sinar matahari begitulah dengan habitat aslinya di gurun pasir yang panas dan memiliki sirkulasi udara baik. Kaktus tidak suka keadaan tempat yang terlalu lembap, karena daging kaktus itu tebal. Jika terlalu diberi banyak air akan  cepat membusuk dan mati.
 
2. Perhatikan cara menanannya
Ketika akan menanam kaktus, ada dua hal yang harus diperhatikan dengan baik; bibit dan cara menanam. Bibit kaktus dapat melalui biji atau dari anakan sendiri. Anda dapat menemukannya di toko tanaman hias. Sedangkan mengenai cara menanamnya, tanaman ini bisa ditanam ke dalam pot atau di tanah langsung.
   
3. Hindari dari udara lembab
Jika kita menaruhnya di dalam ruangan, dalam 3 hari sekali kaktus harus diangin-anginkan supaya tidak lembap dan tidak mati.
   
4. Jangan menaruhnya pada sinar matahari langsung
Jangan menaruhnya dan membiarkan ke sinar matahari langsung. Karena jika dibiarkan terlalu lama, ujung kaktus akan berubah warna karena terbakar.
   
5. Perhatikan wadahnya
Selanjutnya adalah wadah atau pot untuk kaktus. Wadah yang digunakan bisa yang besar ataupun kecil. Sesuaikan saja dengan ukuran kaktusnya.
   
6. Perhatikan cara penyiramannya
Menyiram kaktus tidak sama dengan tanaman biasa yang lain. Menyiramnya hanya disemprot saja dengan menggunakan botol spray khusus supaya kaktusnya tidak terlalu lembab. Lakukan penyiramannya pada pagi / sore hari.
 
7. Berikan pupuk secara rutin
Cara merawat kaktus yang paling baik adalah dengan memberinya pupuk secara rutin. Kaktus juga harus diberi pupuk agar tanamannya berkembang dengan baik seperti tanaman-tanaman yang lain. Namun, pupuknya tidak sama dengan tanaman biasa lainnya. Pupuk untuk kaktus harus menggunakan pupuk organik (pupuk NPK) yang dapat anda dapatkan di toko tanaman hias. Pupuk ini diberikan ke media tanamnya.
الصلاة بين السواري جائزة عند الضيق، أما في حال السعة فلا يصلى بين السواري، لأنها تقطع الصفوف.
"Shalat diantara tiang boleh dalam keadaan sempit, adapun dalam keadaan luas maka tidak boleh shalat diantara tiang, karena hal itu memutus shaf."
-Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah-
Baarakallahufiikum

No comments:

Post a Comment