Sunday, 19 November 2017

tentang jalan raya bojong klapanunggal, rek

Bismillaah

Medio 2015 dulu, perjalanan menuju ke Ma'had Riyadhul Jannah sungguh menyiksa jiwa. Selain macet dan bersaing denga truk" di Jalan Raya Narogong, sepanjang jalan raya Bojong-Klapanunggal rusak parah. Jalan yang seharusnya gak terlalu jauh harus ditempuh selama 1 jam karena jalan berlubang di banyak tempat.
tapi itu dulu....

hari Ahad kemarin, jalan dari Coco Garden ke arah ma'had sudah dicor semua. Alhamdulillah perjalanan menjadi lancar sekarang

jazaakallahu khairan kepada Pemkab Bogor atas perhatiannya kepada jalan tersebut. Sudah kami tunggu bertahun" lho. Hehehe


‏فإن الصدع بالحق والتظهر بما لا يوافق الناس من الحق، لا يستطيعه إلا الأفراد وقليل ما هم.

"Sesungguhnya lantang menyuarakan kebenaran dan menampakkan hal-hal yang tidak sesuai dengan keinginan manusia dari kebenaran, tidak mampu melakukannya kecuali segelintir orang dan mereka ini sedikit jumlahnya."
-Al-Imam Muhammad bin Ali asy-Syaukany rahimahullah-

Baarakallahufiikum

Friday, 17 November 2017

tentang petaka cinta dunia, rek

Bismillaah
Rasulullah shallaahu alaihi was sallam bersabda:

فَوَاللَّهِ لَا الْفَقْرَ أَخْشَى عَلَيْكُمْ، وَلَكِنْ أَخَشَى عَلَيْكُمْ أَنْ تُبْسَطَ عَلَيْكُمْ الدُّنْيَا كما بُسِطَتْ على من كان قَبْلَكُمْ، فَتَنَافَسُوهَا كما تَنَافَسُوهَا، وَتُهْلِكَكُمْ كما أَهْلَكَتْهُمْ

"Maka demi Allah, bukanlah kefaqiran yang aku takutkan akan menimpa kalian, akan tetapi yang aku takutkan atas kalian adalah tatkala dunia sudah dibentangkan kepada kalian, sebagaimana telah dibentangkan kepada umat sebelum kalian, sehingga kalian pun berlomba-lomba mengumpulkan dunia, sebagaimana mereka berlomba-lomba dalam dunia. Akhirnya dunia ini membinasakan kalian sebagaimana dunia ini telah membinasakan mereka.
[Riwayat Al-Bukhary dan Muslim 2961 dari hadits Amr bin Auf radhiallahu anhu]

Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah berkata:

لما كان الناس إلى الفقر أقرب، كانوا لله أتقى وأخشع وأخشى.

"Ketika manusia lebih dekat kepada kefaqiran, maka mereka akan lebih bertaqwa lebih khusyuk dan lebih takut kepada Allah.

ولما كَثُر المال؛ كثُر الإعراض عن سبيل الله، وحصل الطغيان، وصار الإنسان الآن يتشوف لزهرة الدنيا وزينتها... سيارة، بيت، فرش، لباس.

Dan ketika harta telah banyak, banyak berpaling dari jalan Allah, terjadilah sikap melampaui batas, sehingga manusia sekarang ini menjadi lebih memandang kepada dunia dan perhiasannya, mobil, rumah, kasur-kasur, pakaian.

يباهي الناس بهذا كله، ويعرض عما ينفعه في الآخرة.

Manusia bermegah-megahan dalam ini semua, dan berpaling dari apa yang bermanfaat buat mereka di akhirat.

وصارت الجرائد والصحف وما أشبهها لا تتكلم إلا بالرفاهية وما يتعلق بالدنيا، وأعرضوا عن الآخرة، وفسد الناس إلا من شاء الله.

Media masa, surat kabar dan yang semisalnya tidaklah membahas kecuali masalah kemewahan dan yang segala yang berkaitan dengan dunia dan mereka berpaling dari akhirat. Dan menjadi rusaklah manusia, kecuali yang dikehendaki Allah

فالحاصل أن الدنيا إذا فتحت - نسأل الله أن يقينا وإياكم شرها - أنها تجلب شرًّا وتُطغي الإنسان.

Kesimpulannya, sesungguhnya dunia itu, jika dibuka (kita memohon kepada Allah semoga Allah menjaga kita dan kalian dari kejelekkannya), sesungguhnya ia akan mendatangkan kejelekkan dan menjadikan seorang insan melampaui batas.
[Syarh Riyadh Ash-Shalihin. 3/361]

Baarakallahufiikum

Monday, 13 November 2017

tentang alasan kita berteman, rek

Bismillaah
Kita bersahabat karena keimanan, karena keislaman seseorang..

Kita bersahabat karena sunnah yang ada pada dia...

Kita bersahabat karena akhlaqul karimah yang ada padanya..

Kita bersahabat dikarenakan :

¤ Ibadah dia yang luar biasa,
¤ Yang semangatnya diatas sunnah,
¤ Muamalahnya baik,
¤ Akhlaqnya bagus,
¤ Aqidahnya lurus,
¤ Manhajnya lurus...

...karena itu semua..

BUKAN KARENA DUNIA..

barakallahu fiikum..

Ketika ukhuwah itu, diniatkan karena Allah subhanahu wata'ala, maka akan terwujud setelah itu berbagai macam perkara-perkara yang sangat indah dalam persahabatan.

Maka akan terwujud persahabatan yang islam.

Sebuah persahabatan yang diatas sunnah,
● Suka dan duka bersama..
● Ada yang mampu membantu yang tidak punya.
● Ada yang tidak punya dibantu sama yang lain-lainnya.

Ada unsur taawun karena Allah azza wa jalla..

Padanya ada perjuangan :

~membela kebenaran,

~membela sunnah,

~membela al haq,

~padanya ada upaya tanasuh saling menasehati,

~saling menegur ketika ada perkara yang mungkar,

~ketika ada perkara yang maksiat,

~ketika ada perkara yang menyimpang dari islam,

>> ditegur,
>> dinasehati,
>> diperbaiki ketika ada yang salah.

Itu semua karena cintanya karena Allah azza wa jalla .

Persahabatannya karena Allah subhanahu wata'ala. Barakallahu fiik

TIDAK ADA SEDIKITPUN KARENA DUNIA ATAU KARENA YANG LAIN-LAINNYA..

*nasehat yang menyentuh hati dari Ustadz Afifuddin hafidzahullah

Saturday, 11 November 2017

tentang memberi nama anak perempuan sama dengan nama ibunya, rek

Bismillaah

Asy-Syaikh Muhammad bin Hadi al-Madkhaly hafizhahullah

Pertanyaan;

هل يجوز تسمية ابنتي الوليدة باسم والدتها؟ علمًا على أنَّ اختيار الاسم بناءً على كونه لأمهات المؤمنين أزواج رسول الله - صلَّى الله عليه وسلَّم - رضي الله عنهن؟

Bolehkah saya memberi nama anak wanita saya sama dengan nama ibunya?
Dan nama yang akan saya pilih adalah salah satu nama istri Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wa sallam- radhiyallahu anhunna?

Jawab:

لا بأس بذلك، إذا كان زوجتك خديجة وتُسَمِّي بنتك خديجة لا بأس، هي ما يُقال لها خديجة بنت خديجة، يُقال لها خديجة بنت محمد، خديجة بنت عبد الرحمن، خديجة بنت عبد الله، نعم لا بأس، وهكذا.

Tidak mengapa, jika nama istri anda Khadijah, dan anda menamakan anak wanita Anda Khadijah maka tidak mengapa. Dan dia tidaklah dipanggil Khadijah bintu Khadijah akan tetapi dia di panggil Khadijah bintu Muhammad atau Khadijah bintu Abdirahman atau Khadijah bintu Abdillah. Na’am tidak mengapa demikian.

Baarakallahufiikum

Thursday, 9 November 2017

tentang akibat meninggalkan majelis ilmu, rek

Bismillaah
Al-Imam Abdul Aziz bin Baz rahimahullah berkata:

فإن الإنسان إذا كان لا يحضر حلقات العلم، ولا يسمع الخطب، ولا يعتني بما ينقل عن أهل العلم فإنه يزداد غفلة

"Sungguh manusia jika tidak menghadiri majelis-majelis ilmu, tidak pula mendengarkan khutbah-khutbah ilmiyyah, tidak pula menaruh perhatian tehadap nukilan-nukilan dari ahlul 'Ilmi, pasti bertambahlah kelalaiannya.

وربما يقسو قلبه حتى يطبع عليه، ويختم عليه فيكون من الغافلين"

Bahkan akan mengakibatkan hatinya mengeras dan akhirnya menjadi hati yang mati. Lalu akhir hayatnya masih dalam kondisi demikian sampai pada akhirnya ia digolongkan sebagai orang-orang yang lalai."

Baarakallahufiikum

Tuesday, 7 November 2017

tentang orang yang mencela diri sendiri, rek

Bismillaah
Al-Fudhail bin 'Iyadh rahimahullah mencela dirinya sendiri, “Wahai orang yang pantas dikasihani!
Engkau telah berbuat jelek, namun menyangka bahwa dirimu telah berbuat baik.

Engkau tidak tahu, tetapi menyangka bahwa dirimu berilmu.

Engkau bakhil, tetapi menganggap dirimu dermawan.

Engkau dungu, tetapi menganggap dirimu bijaksana.

Ajalmu dekat, tetapi angan-anganmu panjang.”

[Siyar A’lamin Nubala 8/440]

Baarakallahufiikum

Sunday, 5 November 2017

tentang lembah safari hotel, rek

Bismillaah
akhirnya setelah menjanjikan sekian lama, tiga minggu yang lalu, saya mengajak keluarga saya ke Taman Safari. Tentu saja dengan naik motor. Hehehe

well, setelah ngobrol dengan atasan saya, atasan saya merekomendasikan Lembah Safari Hotel. Okaay, Jumat pagi begitu kami sampai di Cisarua, kami langsung cuss ke hotel tersebut. Well, harga kamarnya sedikit di atas ekspektasi saya sih. Tapi okelah ya. Standar harga Puncak

begitu masuk ke kamar, istri saya langsung mengeluh. Kamarnya kecil. Pencahayaan kurang. TVnya rusak. Dinding kayunya dimakan rayap. Tirai jendelanya serasa belum dicuci. Dinding dengan tetangga juga tipis banget. Terbukti saat malamnya di mana kamar sebelah saya kedatangan penghuni, suaranya bikin kami gak bisa tidur sampe tengah malem. Ugh!

lalu drama dimulai lagi keesokan harinya. Pelayan restorannya kayak curiga gitu dengan istri saya yang memakai cadar. "Maaf, ibu pengunjung hotel sini?", katanya. Gara" pernyataan simpel (tapi menyakitkan itu), istri saya jadi gak nafsu makan. Selain itu, kolam renangnya juga kotor!

Gak lagi" deh nginep di sana...
من علامات الرياء كون الإنسان يعصي الله في السر حين لا يطلع إلا الله، ويظهر خشية الله في العلانية.
"Diantara tanda riya' adalah seseorang suka bermaksiat kepada Allah secara sembunyi-sembunyi ketika tidak ada yang melihatnya kecuali Allah, namun dia menampakkan rasa takut kepada Allah ketika berada di hadapan orang lain."
-Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah-
Baarakallahufiikum

Friday, 3 November 2017

tentang bintaro dan pertumbuhannya yang pesat, rek

Bismillaah

Saya masih inget lho jalanan dari Bintaro yang tembus ke Graha Raya itu pas tahun 2014 akhir, pohon"nya masih kecil". Sekarang"? Wah udah gede" yah
menyusuri jalanan itu di malam hari sungguh pengalaman yang mengesankan. Sekarang sudah rame banget. Gak nyangka aja sekarang sudah berdiri RS Pondok Indah Bintaro. Padahal dulu cuman ada Hero doang. Sekarang dengan adanya jalan itu, orang Bintaro jadi lebih gampang ke Tangerang. Lha jalan itu tembus Graha Raya, lalu masuk Ciledug, sampe dah di Tangerang. Imagine what a road can affect the the way people commute!

intinya kami masih gak puas lah di Bintaro cuman sehari semalam. Lain kali harus stay lebih lama lagi. Hehehe
ﺃﺭﺑﺢ اﻟﺘﺠﺎﺭﺓ ﺫﻛﺮ اﻟﻠﻪ ، ﻭﺃﺧﺴﺮ اﻟﺘﺠﺎﺭﺓ ﺫﻛﺮ اﻟﻨﺎﺱ.

"Perniagaan yang paling menguntungkan adalah Dzikrullah. Sedangkan perniagaan yang paling merugikan adalah mencari pujian manusia."
-Abu Hatim ar-Razy rahimahullah-
Baarakallahufiikum

Wednesday, 1 November 2017

tentang wanita dan kelangsingan tubuh mereka, rek

Bismillaah

Dalam hadits "kisah tuduhan dusta" pada ibunda Aisyah radhiyallahu anha, beliau dalam salah satu potongan haditsnya mengisahkan:

قالت : وأقبلَ الرَّهْطُ الذين كانوا يَرْحَلُون لي، فاحتملوا هُوْدَجي، فرَحَلوه على بعيري الذي كنتُ أركَبُ عليه ، وهم يَحْسِبون أني فيه ، وكان النساءُ إذ ذاكَ خِفَافًا لم يَهْبُلْنَ ، ولم يَغْشَهُنَّ اللحمُ ؛ إنما يأكُلْنَ العَلَقَةَ مِن الطعامِ ، فلم يَسْتَنْكِرِ القومُ خِفَةَ الهَوْدَجِ حينَ رَفعوه وحملوه ، وكنتُ جاريةً حديثةَ السنِّ ،

Aisyah radhiyallahu anha berkata:
Pada saat bersamaan, rombongan kembali bergerak melanjutkan perjalanan. Mereka membawa sekedupku dan meletakkannya di atas unta yang aku tunggangi. Mereka mengira aku berada di dalamnya. Pada saat itu kaum wanita sangat ringan bobotnya, tidak berat dan tidak gemuk, mereka hanya makan sedikit saja. Mereka tidak mencurigai berat sekedup yang bertambah ringan ketika mereka membawa dan mengangkatnya. Ketika itu aku adalah gadis muda belia.

Al Imam An Nawawi rahimahullah berkata:

الثَّالِثَةَ عَشْرَةَ : فَضِيلَةُ الِاقْتِصَارِ فِي الْأَكْلِ لِلنِّسَاءِ وَغَيْرِهِنَّ وَأَلَّا يُكْثِرَ مِنْهُ بِحَيْثُ يُهْبِلُهُ اللَّحْمُ لِأَنَّ هَذَا كَانَ حَالُهُنَّ فِي زَمَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، وَمَا كَانَ فِي زَمَانِهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَهُوَ الْكَامِلُ الْفَاضِلُ الْمُخْتَارُ .

"Faedah ketiga belas adalah keutamaan mempersedikit porsi makan bagi kaum wanita ataupun selain mereka dan hendaknya tidak makan banyak-banyak yang akibatnya bisa kegemukan. Memang demikian keadaan para shahabiyah dulu. Dan setiap perbuatan/keadaan yang dilakukan di zaman Nabi shalallahu alaihi wasallam adalah cara yang sempurna, utama, dan terpilih.

Baarakallahufiikum